Desa Parit Baru Lakukan Penguatan Data Statistik Dukung Pembangunan

21 Oktober 2024 07:19 WIB
Kepala Desa Parit Baru foto bersama dengan perangkat desa dan pihak BPS dalam kegiatan pembinaan data statistik desa. (Istimewa)

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Pemerintah Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, terus melakukan berbagai inovasi untuk menjadi desa digital.

Salah satunya dengan melakukan penguatan data desa guna mendukung program pembangunan agar tepat sasaran. 

Kegiatan pembinaan data desa ini berkolaborasi dengan Badan Pusat Statistik atau BPS. Telah dilaksanakan pada Rabu (9/10/2024). Pembinaan ini dinamai dengan program Desa Cantik atau Desa Cinta Statistik. 

"Pembinaan Desa Cinta Statistik ini bertujuan untuk membangun pemahaman dan kemampuan aparatur desa dalam mengelola data statistik," kata Kepala Desa Parit Baru, Musa Abdul Hamid. 

Menurut Musa, data menjadi elemen penting dalam pembangunan. Sebab, dengan data yang baik, program yang disusun pemerintah desa dapat lebih tepat sasaran. Karena itu, penguatan data menjadi prioritas yang dilakukan. 

"Melalui program ini diharapkan dapat membantu menciptakan sistem data yang terintegrasi dan akurat guna perencanaan dan pengambilan keputusan yang lebih efektif," katanya. 

Di samping itu, juga diharapkan menunjang kegiatan pendataan penduduk dan infografis dari Desa Parit Baru.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar