Pemkab Ketapang Dukung Penetapan Cagar Biosfer Lanskap Palung–Mendawak

26 Agustus 2024 14:25 WIB
Focus Group Discussion membahas rencana penetapan cagar biosfer landskap Palung-Mendawak,Senin (19/8/2024). (Istimewa).

KETAPANG, insidepontianak.com – Pemerintah Kabupaten Ketapang dukung penetapan cagar biosfer lanskap Palung-Mendawak.

Hal ini disampaikan Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Syamsul Islami, saat membuka Focus Group Discussion Cagar Biosfer Lanskap Palung-Mendawak,Senin (19/8/2024)

“Menjadikan lanskap Palung-Mendawak sebagai Cagar Biosfer, adalah langkah strategis untuk menjaga dan melestarikan sumber daya alam yang kita miliki," ucap Syamsul Islami.

Dia pun menegaskan pentingnya keterlibatan aktif dari berbagai pihak, termasuk masyarakat lokal, dalam mendukung rencana ini.

"Kita harus memastikan bahwa masyarakat lokal bukan hanya penerima manfaat, tetapi juga penjaga utama dari kelestarian kawasan ini," tegasnya.

Melalui forum FGD tersebut ini Ia berharap dapat menghasilkan rekomendasi yang realistis dan implementatif dalam menyukseskan upaya-upaya menjaga keberlangsungan lingkungan.

"Dengan kerja sama yang baik, kita dapat mewujudkan lanskap Palung-Mendawak sebagai Cagar Biosfer yang menjadi kebanggaan bagi Ketapang, Kalimantan Barat, dan Indonesia," tutupnya.

Merujuk Wekipidea, cagar biosfer adalah suatu kawasan yang terdiri dari ekosistem asli, ekosistem unik, dan atau ekosistem yang telah mengalami degradasi yang keseluruhan unsur alamnya dilindungi dan dilestarikan bagi kepentingan penelitian dan pendidikan.***


Penulis : Muhammad Fauzi/ril
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar