Berada di Level Paripurna, Kecamatan Mempawah Timur Miliki Pelayanan di 6 Desa

12 Juni 2024 16:09 WIB
Ilustrasi bidan memeriksa anak di Puskesmas

MEMPAWAH, insidepontianak.com - Camat Mempawah Timur Agus Isnanto menyampaikan bahwa Kecamatan Mempawah Timur memiliki pelayanan kesehatan masyarakat yang tersebar di 6 desa.

Menurutnya puskesmas tersebut telah berada pada level paripurna dalam kegiatan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Selain itu sosialisasi pelayanan terhadap pencegahan penyakit kepada masyarakat," ungkapnya.

Agus Isnanto juga mengatakan bahwa posyandu terpadu merupakan integrasi posyandu yang lebih ditingkatkan untuk melayani remaja putri dan lansia, selain itu bersama-sama 26 posyandu yang aktif di Kecamatan Mempawah Timur yang akanmenjadi posyandu ILP.

"Sehingga perlu kolaborasi dengan seluruh pihak mempercepat penekanan stunting dan dan mewujudkan masyarakat yang sehat," ujarnya.

Pj Bupati Mempawah Ismail mengatakan semua pihak harus menyadari bahwa kesehatan itu penting dan mahal dan tidak bisa di nilai dengan rupiah.

"Karena kesehatan itu adalah anugerah yang sangat mahal sehingga harus dijaga dan menjadi tugas bersama demi mewujudkan masyarakat Kabupaten Mempawah yang sehat lahir dan batin," ungkap Ismail.

lsmail juga mendorong masyarakat untuk
diberikan edukasi dan sosialisasi mengenai pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat.

Karena menurutnya Dinas Kesehatan sejak dulu telah mengkampanyekan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Germas dalam mengajak masyarakat untuk hidup sehat namun perlu dilakukan evaluasi agar kesehatan masyarakat terus meningkat.

"Sehingga keberadaan posyandu ini sangat diharapkan untuk mengedukasi masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat," tegasnya.

Ismail juga meminta untuk menghidupkan
kembali kelompok kecil yang beranggotakan 10 KK untuk menjadi pendeteksi dini kesehatan lingkungan keluarga.

Selain itu dapat terdeteksi sejak dini berbagai penyakit sehingga dapat bersama menjaga keluarga yang sehat dan bahagia.

"Sehingga perlu komitmen bersama untuk
mewujudkan masyarakat yang sehat dan
bahagia," tutupnya. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment