Duet Lasarus-Suib di Pilkada Kalbar 2024 Menguat

2 Juli 2024 14:46 WIB
Ilustrasi - Flyer Lasarus-Suib beredar di media sosial sebagai pasangan calon Gubernur Kalba. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Figur pendamping Lasarus, sebagai bakal calon Wakil Gubernur di Pilkada Kalbar 2024, terus menjadi perbincangan publik.

Salah satu yang disebut-sebut berpeluang mendampingi Ketua Komisi V DPR RI itu adalah, anggota DPRD Kalbar, Suib. 

Flyer Lasarus-Suib mulai muncul di berbagai media sosial. Mencuatnya nama Suib tentu tak lepas dari dukungan kalangan muda. 

Dia dianggap sebagai representasi anak muda dari berbagai figur yang muncul. 

Suib sendiri adalah Ketua Bappilu Hanura yang berhasil meningkatkan kursi Hanura dari dua menjadi empat kursi di Pileg 2024. 

Selain itu, Suib juga satu-satunya kader Hanura yang sudah mendapat rekomendasi DPP sebagai calon wakil gubernur Kalbar.

Rekomendasi Hanura ini diberikan Ketua Umum Hanura, Oesman Sapta Oedang kepada Suib di Jakarta, 23 Mei 2024 lalu.

Suib tak menampik banyak dukungan mendorong dirinya maju. Utamanya kalangan milenial di Kalbar.

Sebagai Anggota DPRD Kalbar, pihaknya punya keinginan maju, asal mendapat dukungan masyarakat, serta restu Ketua Umum Hanura, Oesman Sapta Oedang. 

"Jika memang masyarakat menginginkan saya menjadi calon wakil Gubernur, kita siap saja, terlepas nanti harus berpasangan dengan siapa," kata Suib.

Selain dukungan masyarakat, restu Ketua Umum Hanura, Oesman Sapta Oedang menjadi hak utama bagi langkah pemusa 38 tahun ini.

Sejauh ini, memang Suib sudah diberikan restu Ketua Hanura dalam bentuk surat tugas sebagai calon wakil gubernur. 

Ia juga satu-satunya kader yang mendapat rekomendasi Hanura dalam posisi wakil. Namun, keputusan final dari Hanura belum dikeluarkan. 

Sebagai kader partai yang sudah mendapat tugas, Suib memastikan, telah mengamankan amanah tersebut dengan menyosialisasikan diri di masyarakat.

Utamanya para anak muda. Apa yang dilakukan Suib tersebut, bukan untuk mengenalkan dirinya sendiri. Tapi juga partai Hanura di masyarakat.

"Karena saya yakin ketika kader partai citranya baik, maka otomatis citra partai juga naik," terangnya.

Menurut Suib manuver politik yang berkembang jelang Pilkada Kalbar 2024 tidak merugikan dirinya.

Bahkan, ia juga mendapat respons positif anak muda. Sebab, dianggap bagian tokoh muda yang menjadi representasi anak muda. 

Karena itulah, dia pun kerap diundang dalam berbagai kegiatan. Dan dari kacamata Suib, ia melihat dominasi anak muda dalam politik kian mendominasi. 

Ia pun menilai gaya, dan perspektif generasi muda tentang politik mereka berbeda dengan perspektif anak muda 5 tahun lalu.

Bahkan, sebagai pelaku politik, Suib menyebut anak muda mulai mendominasi permainan politik, sampai tingkat TPS sampai pelosok.

"Saya sangat apresiasi ke mereka. Mereka sudah melihat pentingnya politik, setiap ketemu mereka saya sampaikan jangan dianggap sebelah mata terkait politik. Karena kebijakan apapun merupakan produk politik," terangnya.

Karena itu, dalam berbagai kesempatan, wakil rakyat dapil Kubu Raya-Mempawah ini juga mengingatkan bahwa produk politik bergantung siapa pemimpin ke depan. 

Sosok pemimpin, merupakan produk hasil pemilihan yang bakal digelar 27 November nanti. 

Walau digadang-gadang menjadi pendamping Lasarus, Suib mengaku belum intens berbicara dengan Lasarus dan berbagai calon lain. 

Sebab, ia menyakini para calon Gubernur yang maju punya hitungan sendiri. Begitupun dirinya. Yang jelas, andai maju di Pilgub nanti, Suib mematok kemenangan. 

"Jangan sampai sebagai representasi anak muda ketika masuk bursa nanti kalah. Itu intinya bagi saya ketika masuk bursa dan disetujui saya harus menang," terangnya. 

Suib juga siap dengan konsekuensi mundur dan meninggalkan kursi parlemen karena maju. 

"Saya siap. petarung apapun harus tetap bertarung," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment