Demokrat Berpeluang Usung Fahrur Rofi di Pilkada Sambas, Calon Wakil akan Diumumkan Pekan Ini

11 Juli 2024 12:30 WIB
Fahrur Rofi saat menerima surat tugas sebagai bakal calon bupati dari Demokrat yang diberikan lewat ketua DPC Demokrat Sambas, Muhammad Isya. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Demokrat berpeluang usung Fahrur Rofi sebagai calon bupati di Pilkada Sambas 2024.

Sebab, komunikasi antara partai berlambang 'bintang mercy' itu, kian intes dengan Rofi. Bahkan, Rofi satu-satunya tokoh yang sudah mendapat surat tugas Demokrat.

"Situasi masih dinamis. Yang jelas surat tugas sudah keluar ke Fahrur Rofi dan Demokrat kemungkinan akan mengusung beliau," kata Ketua DPC Demokrat Sambas, Muhammad Isya, Rabu (10/7/2024).

Demokrat sendiri hanya punya 4 kursi di Parlemen Sambas. Karena itu, untuk mengusung Rofi di Pilkada nanti, dipastikan Demokrat harus berkoalisi dengan partai lain.

Isya mematikan, Demokrat terus menjajaki komunikasi dengan partai politik lain, seperti NasDem yang sudah memberikan sinyal akan merapat. Selain NasDem adapula Golkar dan PKS yang komunikasi dengan dua partai itu juga intens.

Sementara menyoal sosok wakil, Demokrat menyerahkan sepenuhnya kepada Fahrur Rofi. Namun, Demokrat pun telah mengusulkan beberapa nama.

"Cuman beliau nanti yang memutuskan, siapa yang dipilih," ujarnya.

Isya berharap dalam pekan ini, nama pendamping Rofi di Pilkada Sambas akan diumumkan, sehingga bisa untuk didaftarkan ke KPU.

"Sebenarnya ada beberapa nama yang mendaftar wakil, tapi kita seleksi mana yang cocok, punya elektabilitas dan nilai jual. Tapi, itu hanya sebatas rekomendasi saja. Namun siapa yang dipilih, merupakan kewenangan Fahrur Rofi," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment