Kodam XII Tanjungpura Gelar Lomba Dayung Perahu Dragon Boat, Memperebutkan Hadiah Puluhan Juta

6 Juli 2024 11:35 WIB
Kodam XII Tanjungpura kembali menggelar lomba dayung perahu naga dragon boat, di Sungai Jawi, Pontianak, Sabtu (6/7/2024) pagi. (Istimewa).

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kodam XII Tanjungpura kembali menggelar lomba dayung perahu dragon boat, di Sungai Jawi, Pontianak, Sabtu (6/7/2024) pagi.

Event ini memperebutkan hadiah uang tunai puluhan juta rupiah, dan diikuti 32 tim dayung. Satu di antara peserta berasal dari negara tetangga Brunei Darusalam.

Kegiatan lomba perahu naga digelar sejak pagi, dan disaksikan ratusan masyarakat. Kemeriahannya membuat warga tumpah ruah menyaksikan menyaksiakannya. 

Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Iwan Setiawan mengatakan, lomba perahu naga sengaja digelar untuk memeriahkan HUT Kodam ke-66 tahun. 

"Kegiatan ini diikuti para pendayung dari Kalimantan, dan saudara kita dari Brunei Darusalam," kata Iwan Setiawan, Sabtu (6/7/2024). 

Iwan Setiawan mengatakan, alasan utama menggelar lomba dragonboat karena ingin merawat budaya masyarakat yang biasa menggunakan dayung. Selain itu, sekaligus menjaga kebersihan sungai.

Iwan berharap kegiatan ini menjadi hiburan bagi masyarakat, sarana rekreasi, dan ajang silaturahmi. Di samping itu, dia juga berharap, melalui kegiatan ini sinergitas antara TNI dan masyarakat semakin terjalin baik. 

Ketua Panitia, Letnan Kolonel CBA Diman Purwanto mengatakan, kegiatan lomba dayung dragon boat digelar melibatkan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia atau PODSI. 

"Kegiatan ini digelar satu hari. Pemenang akan mendapatkan uang pembinaan, dengan total Rp35 juta," terangnya. 

Ia mengapresiasi antusias masyarakat menyaksikan kegiatan tersebut begitu tinggi. Ia berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar. 

"Ke depan kita akan gelar kegiatan yang lebih besar lagi," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment