Dewan Pontianak Zulfydar Dorong Damkar Swasta, RT-RW hingga Guru Ngaji Dapat BPSJ Ketenagakerjaan

13 Agustus 2024 08:40 WIB
Sekretaris DPW PAN Kalbar, Zulfydar Zaidar Mochtar. (Istimewa).

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota Komisi IV DPRD Kota Pontianak Zulfydar Zaidar Mochtar, mendorong Pemerintah Kota Pontianak memberikan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan kepada pemadam kebakaran atau damkar swasta, RT, RW, guru ngaji, hingga petugas fardu kifayah. 

Menurutnya, profesi tersebut telah banyak membantu pemerintah Kota Pontianak dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial dan pembinaan masyarakat. 

"Teman-teman petugas damkar swasta, RT/RW, guru ngaji, fardu kifayah mesti ditanggung BPJS Ketenagakerjaannya karena sudah banyak membantu Pemerintah Kota Pontianak," ujar Zulfydar Zaidar Mochtar, Senin (12/8/2024). 

Legislator PAN ini menyebut, damkar swasta memiliki peran penting dalam membantu Pemkot Pontianak menanggulangi bencana kebakaran. 

Seperti ketika terjadi kebakaran bangunan di Kota Pontianak, mereka dengan cepat membantu pemadaman api. Bahkan peran mereka mengalahkan damkar milik pemerintah. 

Selain itu, resiko pekerja damkar sangat besar. Bahkan nyawa menjadi taruhan. Karena itu, mereka seudah selayaknya menerima jaminan BPJS Ketenaga Kerjaan. 

Kemudian, Ketua RT, RW, guru ngaji sampai dan petugas fardu kifayah juga layak menerima program BPJS Ketenagakerjaan. Karena mereka juga mengemban misi sosial. 

Dan yang tak boleh ketinggalan adalah atlet-atlet juga harus jadi perhatian agar bisa mendapatkan jaminan BPJS Ketenagakerjaan. 

"Semua hal yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu sudah harus kita pikirkan. Memang tak ada yang mau dapat musibah, tetapi setidaknya Pemkot Pontianak susah mengambil tindakan cepat dengan memberikan jaminan keselamatan saat bekerja," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar