Dewan Sanggau Yeremias: Pendidikan Kunci Kemajuan Daerah, Minta Pemprov Perbanyak Bangun SMA/SMK

3 September 2024 10:09 WIB
Anggota DPRD Sanggau, Yeremias Marselinus talk show di studio Insidepontianak.com dipandu host Wati Susilawati. (Insidepontianak.com).

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota DPRD Sanggau, Yeremias Marselinus menyampaikan, kunci kemajuan daerah tergantung kualitas pendidikan.

Karena itu, dia mendorong pembangunan sarana pendidikan di Kabupaten Sanggau terus dilakukan. Terutama SMA/SMK. Supaya anak-anak bisa mengenyam pendidikan yang layak dan berkualitas. 

Ia meyakini, jika semua anak bisa mengakses pendidikan yang bermutu, maka otomatis masa depannya akan lebih baik daerah bisa maju. 

"Karena itu, kita terus mendorong pemerataan sekolah. Sanggau masih butuh banyak SMA/SMK," kata Yeremias saat talk show bersama Insidepontianak.com, Selasa (3/9/2024).

Menurut wakil rakyat Dapil V, meliputi Kecamatan Bonti, Mukok dan Jangkang ini, percepatan pembangunan sarana dan prasarana sekolah tingkat SMA/SMK di daerah sulit dilakukan karena terbatas masalah kewenangan. Sebab, menjadi urusan pemerintah provinsi. 

"Ini yang menjadi tantangan kita. Karena kewenangannya provinsi," katanya. 

Legislator PDIP karib di sapa Kocan ini pun berharap, Pemprov Kalbar memberikan perhatian yang banyak untuk pembangunan SMA/SMK di Sanggau. Terutama di wilayah perbatasan. 

"Di Kembayan misalnya, SMA-nya terbatas, siswanya banyak, dan akhirnya terbentur zonasi. Ini tantangan kita," ucapnya. 

Di sisi lain, Kocan juga mendorong Politeknik Negeri Sanggau juga menjadi satuan kerja sendiri. Supaya universitas ini bisa diperkuat. Sehingga anak-anak Sanggau tidak perlu jauh-jauh kuliah, dan setelah selesai bisa bekerja di kampung halaman. Sebab, Sanggau punya banyak perusahaan dan industri.***


Penulis : Abdul Halikurrahman
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar