HUT Bhayangkara ke-78, Kapolres Sambas Harap Personel Adaptif dan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

1 Juli 2024 15:48 WIB
Upacara HUT Bhayangkara ke-78 di halaman Polres Sambas, Senin (1/7/2024). (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com – Kapolres Sambas, AKBP Sugiyatmo ajak seluruh personelnya maknai HUT Bhayangkara ke- 78, dengan meningkatkan kulaitas pelayanan sebagai pengayom masyarakat.

Ia menegaskan, polri terus bertransformasi melakukan tata kelola institusi, dengan membuka seluas-luasnya aspirasi dan kritik dari masyarakat.

Harapannya, transformasi itu bisa memberikan dampak pada peningkatan kepercayaan publik terhadap institusi kepolisian.

“Karenanya, saya mengajak seluruh personel bertanggungjawab tinggi dalam mengemban tugas, supaya kita bisa merebut public trust,” pesan AKBP Sugiyatmo, usai menggelar upacara HUT Bhayangkara ke-78, di halaman Mapolres Sambas.

Menurutnya, usia polri yang ke-78 ini, merupakan bukti panjangnya perjuangan instansi dalam membantu pemerintah menjaga dan melindungi masyarakat.

Namun, tak dipungkiri, masih banyak catatan-catatan pelayanan yang belum maksimal. Dan ini berdampak pada menurunnya kepercayaan publik terhadap instansi kepolisian.

Berdasarkan survei terhadap Polri pada tahun 2024, kata Sugiyatmo, kepercayaan publik terhadap Polri rendah. Ini terjadi karena adanya tindakan-tindakan oknum anggota yang tidak baik dalam memberikan pelayanan.

Misalnya, masih ada pungli, keterlambatan respons atau penanganan kasus lama, pelayanan yang tidak ramah atau kasar kepada masyarakat, ketidakadilan dalam penegakan hukum dan lain sebagainya.

“Hal-hal tersebut yang paling banyak mempengaruhi citra institusi polri di mata masyarakat,” katanya.

“Tetapi, kita sebagai institusi polri yang modern tentu tidak antikritik, survei ini harus dijadikan trigger bagi kepolisian untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” sambungnya.

Maka, untuk meningkatkan kepecayaan publik terhadap institusi kepolisian, perlu komitmen bersama setiap insan Bhayangkara untuk memastikan pelaksanaan tugas sehari-hari berjalan transparans, dan akuntabel.

“Sesuai dengan pelaksanaan tuntutan masyarakat pada zamanya,” lanjutnya.

Adapun tema HUT Bhayangkara ke-78, yaitu: “Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas.”

“Tema ini harus dijadikan refleksi dan intropeksi di berbagai sektor kepolisian. Tantangan ke depan semakin kompleks. Polri harus adaptif mengikuti dinamika dan isu lingkungan yang strategis,” ucapnya.

Tak lupa, di momen peringatan HUT Bhayangkara ini, Kapores Sambas ucapkan terima kasih dan apersiasi kepada Pemkab Sambas dan segenap forkopimda, termasuk DPRD, TNI, masyarakat, tokoh agama yang selama ini telah bersama menjaga harmonisasi di wilayah Sambas.

“Saya ucapkan sekali lagi terima kasih kepada para masyarakat yang telah berpartisipasi aktif menjaga Kabupaten Sambas untuk tetap kondusif,” ucapnya.***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment