5 Titik Api Ditemukan di Kecamatan Sambas, BPBD Imbau Masyarakat Hentikan Bakar Lahan

29 Juli 2024 14:12 WIB
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sambas, Murjani. (Insidepontianak.com/Antonia Sentia)

SAMBAS, insidepontianak.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Sambas melaporkan lima titik api ditemukan di lima kecamatan.

Di antaraya, di Kecamatan Jawai, Teluk Keramat, Tangaran, Paloh, dan Selakau. Titika pi ini dipastikan peristiwa kebakaran lahan.

"Sesuai info dari kecamatan yang kami terima, di Selakau Timur sudah ada terjadi kebakaran, tapi masih dalam lingkup kecil," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sambas, Murjani, Senin (29/7/2024).

Menurutnya, kebakaran lahan yang terjadi di lima kecamatan ini tak lepas dari efek dari cuaca ekstrem kemarau.

"Cuaca sangat panas beberapa hari ini, kita khawatirkan potensi kebakaran hutan kembali terjadi seperti tahun sebelumnya, yang sangat berdampak pada kita semua," katanya.

Selain tidak ada hujan, lanjut dia, kebakaran hutan ini terjadi karena ulah oknum yang melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar, sehingga dapat merembet ke lahan lain.

"Saya harap masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara di bakar, mengingat kebakaran kadang-kadang terjadi di tanah gambut, sehingga perlu waktu yang cukup lama untuk proses padamnya," pesannya.***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar