BPBD Sambas Deteksi 16 Titik Api di Teluk Keramat, Masyarakat Diimbau Hentikan Bakar Lahan

31 Juli 2024 14:38 WIB
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sambas, Nisa Azwarita. (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

SAMBAS, insidepontianak.com - Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sambas, Nisa Azwarita melaporkan sebanyak 16 titik api ditemukan di Kecamatan Teluk Keramat.

Pemadaman titik api di Teluk Keramat, telah dilakukan. Pihak desa juga telah diperintahkan mengerahkan kelompok masyarakat peduli api atau MPA ke lokasi.

"Kita sudah koordinasi dengan seluruh pihak. Titik api harus dilakukan pemadaman sedini mungkin, terutama wilayah gambut," kata Nisa, Rabu (31/7/2024).

Titik api juga ditemukan di Kecamatan Jawai. Tapi jumlahnya relatif sedikit, dan aparat pemerintah kecamatan telah diminta segera melakukan pemadaman.

"Di Jawai ada 3 titik api," katanya.

Adapun kebakaran lahan meluas dipicu karena kondisi cuaca panas yang telah melanda selama tiga pekan belakangan.

Karena itu, masyarakat diminta tidak membakar lahan di musim ini. Sebab, berpotensi akan meluas dan berdampak pada pencemaran lingkungan akibat kabut asap yang ditimbulkan.

"Walaupun infonya dari BMKG akan turun hujan pada pertengahan Agustus, tapi musim kemarau tetap ada, jadi jangan pernah melakukan pembakaran lahan," imbau Nisa.

Kepala Manggala Agni Kabupaten Sambas menambahkan, saat ini pihaknya sudah menurunkan tim patroli di setiap daerah yang rawan karhutla.

"Untuk karhutla masih perlu penanganan dan untuk Hotspot juga masih mengalami peningkatan, " katanya.***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar