Dinkes Sambas Ajak Masyarakat Kenali Gejala Monkeypox, Ini Cirinya

3 September 2024 13:45 WIB
Kadis Kesehatan Sambas, Ganjar Eko Prabowo. (Istimewa).

SAMBAS, insidepontianak.com - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Ganjar Eko Prabowo ajak masyarakat kenali gejala virus monkeypox.

Dengan mengenali gejalanya, penanganan terhadap penyakit ini bisa dilakukan dengan cepat dan tepat. Monkeypox sendiri adalah penyakit cacar monyet.

Menurut Eko, orang yang terpapar virus monkeypox biasanya disertai demam, sakit kepala hebat, nyeri otot, sakit punggung, lemas, pembengkakan kelenjar getah bening (di leher, ketiak atau selangkangan) dan ruam atau lesi pada kulit.

"Gejala tersebut berlangsung selama 2-4 minggu dan biasanya sembuh sendiri," ujarnya.

Monkeypox dapat menular dari orang ke orang melalui kontak langsung. Karena itu, untuk mencegah penularannya, maka harus dilakukan pembatasan kontak.

"Kemudian, lingkungannya harus desinfektan secara teratur, dan mencuci tangan atau menggunakan pembersih tangan setelah menyentuh luka yang terinfeksi," katanya.

Jika pernah kontak erat pasien monkeypox atau lingkungan yang sudah terkontaminasi, maka lakukan pemantauan diri sendiri untuk melihat tanda dan gejala selama 21 hari sejak terpapar.

"Jika ada gejala mengarah penyakit monkeypox, segera melapor ke fasilitas pelayanan kesehatan, agar bisa segera diobati,” pungkasnya.***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar