Riki dan Biyan Wakili Sanggau di Ajang Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

14 Juni 2024 15:14 WIB
Foto: insidepontianak.com -- Riki Kamara saat menerima cinderamata dari Kadis Disporapar Provinsi Kalimantan Barat, Windows Prihastari dan Biyan Bagus Bayu Aji di sampingnya.

SANGGAU, insidepontianak.com -- Riki Kamara dan Biyan Bagus Bayu Aji, dua pemuda asal Kabupaten Sanggau dipastikan mengikuti ajang pemilihan Pemuda Pelopor tingkat nasional.

Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sanggau, Hendri mengatakan Riki Kamara dan Biyan Bagus Bayu Aji sebagai perwakilan Kabupaten Sanggau sebelumnya mengikuti pemilihan Pemuda pelopor tingkat Provinsi Kalbar. 

Keduanya dinyatakan layak melangkah ke tingkat nasional. Diagendakan mereka berdua mengikuti pemilihan tingkat nasional bulan Agustus 2024 mendatang. 

"Riki Kamara lolos dibidag pelopor seni dan budaya, sementara Biyan Bagus Bayu Aji lolos dibidang kepeloporan pangan," kata Hendri, Jumat (14/6/2024).

Hendri mengaku sangat bangga terhadap inovasi dua orang tersebut. Dengan inovasi dalam kepeloporan masing-masing. 

"Riki Kamara ini sosok pemuda sederhana dari Dusun Meliau Hilir desa Meliau Hilir Kecamatan Meliau. Dia ini yang mempelopori dan mengembangkan kearifan lokal dalam bentuk seni dan budaya dengan mendirikan sanggar seni Binua Mangku Kamit  dan sanggar seni Kamel Benua Balenggang yang berlokasi di Meliau," ujarnya.

Biyan Bagus Bayu Aji adalah putra terbaik asal Kelurahan Tanjung Sekayam Kecamatan Kapuas.

"Ia mempelopori bidang pangan ia juga merupakan seorang pengusaha muda inovatif dengan mengkolaborasikan Kombucha Cohagai yang merupakan minuman fermentasi yang sehat dan bermanfaat bagi kesehatan," sambungnya. 

Hendri berharap, prestasi kedua pemuda pelopor ini dapat menjadi contoh bagi anak-anak muda di Bumi Daranante (julukan Kabupaten Sanggau, red) untuk lebih berani berinovasi.

"Semoga saja, kedua pemuda pelopor yang kita kirim ke tingkat nasional ini mampu menunjukan prestasi di tingkat nasional," pungkasnya. (ans)


Penulis : Anshar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment