Mitigasi dan Antisipasi Kerawanan Pilkada Serentak 2024 Sedari Dini

6 Juli 2024 18:37 WIB
Foto: insidepontianak.com -- Pj. Bupati Kabupaten Sanggau, Suherman

SANGGAU, insidepontianak.com -- Hajatan demokrasi daerah yaitu pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 tahapannya sudah dimulai. 

Untuk itu, Pj Bupati Sanggau Suherman berharap kerawanan Pilkada Kabupaten Sanggau bulan November mendatang dapat diantisipasi sedari sedini.

Tak lain, hal tersebut guna menjaga stabilitas keamanan daerah dan memastikan kehidupan masyarakat tetap aman dan damai.

"Di Pilkada tentu ada potensi kerawanan karena ada persaingan dari para kandidat, dan para kandidat ini ada pendukungnya," ujarnya, belum lama ini.

Terkait keamanan, peran kepolisian sangat penting baik di tingkat kabupaten maupun sampai ke desa. Termasuk juga dukungan dari stakeholder lainnya untuk semakin memperkuat cipta kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Tentunya Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak diharapkan dapat lebih intens bersama warga untuk menjaga keamanan dan ketertiban saat Pilkada nanti," kata Suherman.

Menurutnya, masyarakat harus berkomitmen menciptakan kondisi lingkungan yang aman dan damai. Apalagi ditengah persaingan politik tentu sikap saling menghargai dan toleransi antar sesama sangat diperlukan. Pemerintah, lanjut dia, terus mengupayakan yang terbaik bagi kepentingan masyarakat.

"Jangan sampai kita terpecah belah hanya karena beda pilihan atau lainnya sehingga mengabaikan keamanan dan kedamaian yang selama ini sudah berlangsung baik," terangnya. (ans)


Penulis : Ansar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment