Keraton Surya Negara Lakukan Pencegahan Politik Indentitas di Pilkada Sanggau Sejak Dini

20 Agustus 2024 12:01 WIB
Foto: insidepontianak.com -- Sesi foto bersama peserta FGD: Pencegahan Politik Indentitas dan Isu Sara pada Pilkada tahun 2024, Selasa (20/8/2024).

SANGGAU, insidepontianak.com -- Keraton Surya Negara Sanggau mengambil inisiatif pencegahan penggunaan strategi politik identitas dan suku, agama, ras, dan antargolongan atau SARA dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sanggau tahun 2024 dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD).

Kegiatan diskusi itu dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, politisi atau pengurus partai politik, organisasi masyarakat, organisasi pemuda dan wanita se-Kabupaten Sanggau pada Selasa, (20/8/2024) di Gedung Balai Betomu Kabupaten Sanggau.

Pembicara dalam kegiatan tersebut, Kepala Badan Kesbangpol Sanggau, Antonius, Komisioner Bawaslu Sanggau, Saparudin dan Kepala Kepolosian Resor (Kapolres) Sanggau, AKBP Suparno Agus Candra Kusumah.

"Semoga pelaksanaan Pilkada Sanggau bisa berjalan tertib, aman dan santun," kata Pangeran Ratu Surya Negara, Gusti Arman.

Gusti Arman mengajak, para aktor politik yang akan berkontestasi pada Pilkada Sanggau, 27 November mendatang untuk membangun persaingan yang sehat dan mendidik masyarakat luas. Dengan beradu gagasan, visi misi dan program yang rasional dan membangun Sanggau.

"Karena, sudah banyak Pemilih yang cerdas terutama pemilih pemula, kaum milenial yang sudah melek teknologi," ucapnya.

Menurutnya, politik identitas maupun penggunaan Isu sara dalam menarik simpati Pemilih ada cara usang dan sudah ketinggalan zaman. 

Terlebih, cara itu bisa membelah persatuan dan masyarakat dikalangan bahwa serta menciptakan kelompok-kelompok yang intoleran.

"Memikat pemilih dengan politik uang dan identitas atau suku merupakan kampanye hitam, sudah bukan zamannya lagi," ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pejabat (Pj.) Bupati Kabupaten Sanggau yang diwakili oleh Asisten Setda Bidang Administrasi Umum, Burhanudin mengatakan pemerintah Kabupaten Sanggau menyambut baik inisiatif Keraton Surya Negara dalam mendukung terwujudnya pelaksanaan Pilkada Sanggau aman dan damai.

"Mari sama-sama kita membangun Sanggau dengan elegan, dewasa berdemokrasi," ucapnya.

Lalu, Burhanudin meminta seluruh masyarakat Sanggau terkhusus bagi tokoh masyarakat untuk menyambut pesta demokrasi ditingkat daerah dengan penuh kegembiraan.

"Artinya Pilkada ini jangan dijadikan beban tapi kita sambut dengan gembira, memilih pemimpin yang amanah memimpin Sanggau ini," pintanya. (ans)


Penulis : Ansar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar