Ratusan Siswa SMA Negeri 7 Belajar Demokrasi dan Kepemiluan ke KPU Singkawang

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SINGKAWANG, insidepontianak.com - Sebanyak 204 siswa dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 7 Singkawang mengikuti belajar demokrasi dan kepemiluan di Kantor KPU Kota Singkawang, Jumat (8/9/2023) pagi.

Kunjungan siswa yang didampingi dewan guru tersebut dalam rangka mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar.

"Kami menyambut baik kedatangan siswa dari SMA Negeri 7 ini. Penting bagi generasi muda mendapatkan informasi tentang demokrasi dan kepemiluan sejak dini. Saya berharap, ini bermanfaat bagi siswa," kata Ketua KPU Kota Singkawang Khairul Abror.

Khairul Abror menuturkan, poses demokrasi dalam keseharian siswa seperti di lingkup keluarga dan lingkungan sekolah. Demokrasi dalam cakupan yang lebih luas seperti Pemilu dan Pilkada.

Gambaran Pemilu dan Pilkada diharapkan bisa dipahami siswa dan dipraktikkan dalam pemilihan ketua OSIS (Pemilos) yang akan dilaksanakan SMA Negeri 7 beberapa waktu ke depan.

Pada kegiatan itu, KPU Kota Singkawang memperkenalkan Rumah Pintar Pemilu, sejarah kepemiluan, pemilihan kepala daerah di Kota Singkawang dari masa ke masa.

"Rumah Pintar Pemilu ini adalah laboratorium demokrasi dan laboratorium Pemilu yang dimiliki oleh KPU Kota Singkawang. Adik-adik pelajar bisa belajar mulai dari sejarah Pemilu di Indonesia, sampai pentingnya Pemilu bagi bangsa Indonesia," kata Guntur Gunawan, Pejabat Fungsional KPU Kota Singkawang, saat mengajak siswa berkeliling ke setiap bagian ruang kantor.

Tampak siswa antusias dalam kunjungan tersebut. Tak jarang sambil berjalan melihat informasi-informasi kepemiluan, mereka melontarkan pertanyaan.

Guntur Gunawan juga menyampaikan tentang maket tempat pemungutan suara (TPS). Satu per satu ia menjelaskan keberadaan kotak suara, petugas TPS, tinta, surat suara dan perlengkapan lainnya.

Pada kesempatan itu pula, KPU Kota Singkawang menyosialisasikan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

Bagi siswa yang sudah atau akan berumur 17 tahun pada 14 Februari 2024 kelak, untuk ikut berpartisipasi dalam gawai lima tahun tersebut.

Kegiatan ini sekaligus ajang sosialisasi Pemilu bagi pemilih pemula di Kota Singkawang.***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment