Bank Kalbar Terus Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan

20 Agustus 2024 12:03 WIB
Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi menyerahkan rekening simpanan pelajar (SimPel) secara simbolis. (Istimewa).

PONTIANAK, insidepontianak.com - Bank Kalbar terus berupaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dengan berbagai kegiatan edukasi.

Hal tersebut ditegaskan Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi saat peringatan Hari Pramuka dan Hari Menabung yang digelar di Pendopo Gubernur beberapa waktu lalu.

"Bank Kalbar yang notabene Bank Kite Punye Kite selalu berkolaborasi untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, di antaranya dengan membuka rekening Simpanan Pelajar (SimPel) bagi anak-anak Pramuka," kata Rokidi.

Menurutnya, sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, seperti OJK, pemerintah, swasta serta pelajar sangat penting dilakukan dalam upaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.

"Kita harus terus menyadarkan, bukan hanya dari masyarakat, tapi juga pelajar sampai mahasiswa dan bukan hanya di sekolah tapi juga di luar sekolah, agar membiasakan budaya menabung," ujarnya.

Menurutnya, kalaborasi bersama OJK, Pemprov Kalbar, Kwarda Pramuka serta lembaga-lembaga lainnya, memiliki visi dan misi yang sama, yaitu membangun Kalbar melalui tabungan Simpanan Pelajar.

"Ini akan terus kita dorong bersama," tutur Rokidi.

Rokidi menyebut, tabungan SimPel Bank Kalbar merupakan wujud nyata untuk menanamkan sifat jiwa sosial dengan menyisihkan uang bagi masa depan mereka.

Selain itu, melalui program Satu Rekening Satu Pelajar, Bank Kalbar juga mengarahkan kepada Tabungan Simpel yang merupakan simpanan bagi pelajar yang terbit secara nasional dari bank-bank di Indonesia.

Saat ini jumlah rekening tabungan Simpel Bank Kalbar mencapai angka 307.387 rekening dengan total nominal sebesar Rp 17.681.212.368.

“Tabungan Simpel persyaratannya mudah dan sederhana, serta memiliki fitur yang menarik,” ucapnya.

Program ini dapat melatih anak dalam mengelola keuangannya secara bertahap, sehingga pada saatnya nanti, mereka dapat tumbuh menjadi generasi terampil atau cakap keuangan.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar