Sambut Ramadhan, Ini 7 Amalan yang Penting Diketahui

8 Juni 2024 06:54 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada Senin, 11 Maret 2024. Artinya, bulan puasa tinggal sepekan lagi dari sekarang.

Ramadhan sendiri merupakan bulan penuh berkah. Diyakini banyak keistimewaannya. Maka, momentum puasa harus dimanfaatkan memperbanyak amalan sunah. Seperti bersedekah, tadarusan Alquran, dan sebagainya.

Ustadz Ahmad Muntaha AM, alumni Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur, dalam salah satu tulisannya menyebutkan, setidaknya ada tujuh amalan penting yang bisa diamalkan menjelang datangnya bulan suci ini.

Pertama, membaca doa-doa untuk menyambut kedatangan Ramadhan. Doanya sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allaahumma baarik lanaa fii rajaba wa sya’baana wa ballighnaa ramadhaan

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami di dalam bulan Rajab dan Sya'ban, dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan. (HR Ahmad).

Selain doa tersebut, ada juga doa lainnya yang berbunyi:

 اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلا

Allaahumma sallimnii ilaa ramadhaan, wa sallim lii ramadhaana wa tasallamhu minnii mutaqabbalaa. 

Artinya: Ya Allah, selamatkan aku hingga sampai Ramadhan, dan selamatkan Ramadhan untukku, dan terimalah Ramadhan dariku dengan benar-benar diterima.

Kedua, amalan bisa dilakukan adalah membaca doa ketika melihat hilal. Doa ini berasal dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan At-Tirmidzi. Berikut doanya:

 اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلَامِ، رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

Artinya: Ya Allah, jadikanlah bulan Ramadhan ini membawa keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman bagi kami. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah, wahai bulan petunjuk dan kebaikan. 

Ketiga, mengucapkan selamat datang Ramadhan (tahniah) kepada sesama Muslim.

“Hal ini sebagaimana Nabi Muhammad memberi kabar gembira kepada para sahabat atas datangnya bulan Ramadhan,” jelas Ustadz Muntaha.

Keempat, membaca doa niat tadarus Alquran dengan merenungi maknanya, niat tobat sebenar-benarnya dari dosa yang telah lewat, dan niat menjadikan Ramadhan sebagai permulaan untuk melakukan amal saleh dan kebaikan selamanya seizin Allah ta'ala, dan niat-niat terbaik lainnya.

Kelima, membaca buku tentang Ramadhan Kemudian membaca kitab, buku, dan artikel ilmiah tentang Ramadhan sebagai bekal keilmuan sebelum masuk Ramadhan.

“Di antaranya membaca Kitab Ihya Ulumiddin tentang rahasia-rahasia puasa, Kitab Lathaiful Ma'arif, dan artikel di NU Online tentang hal-hal seputar puasa Ramadhan,” bebernya.

Keenam, mempersiapkan kesehatan fisik dan psikis agar dapat menjalankan ibadah di sepanjang Ramadhan secara optimal.

Ketujuh, aiapkan budget untuk sedekah, infak, dan nafkah untuk keluarga selama Ramadhan dengan niat meraih keutamaan Ramadhan dari sisi mentasarufkan harta pada jalan yang terbaik di bulan mulia. Itulah tujuh amamalan yang perlu diketahui untuk menyambut Ramdan sehingga ibadah puasa yang dijalankan bisa mendapat berkah dan karunia dari Allah.***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment