Muhammad Iqbal Mahasiswa Untan Jadi Finalis Mahasiswa Inspiratif Award 2024 di Kota Medan

8 Juni 2024 06:54 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Muhammad Iqbal, mahasiswa Program Studi Sosiologi Fakultas Fisip Universitas Tanjungpura, berhasil lolos menjadi salah satu dari 12 finalis Mahasiswa Inspiratif Award 2024.

Ajang bergengsi ini diselenggarakan oleh Ruang Mahasiswa di Kota Medan, pada 29 Februari hingga 3 Maret 2024.

Mahasiswa Inspiratif Award merupakan program penghargaan dan apresiasi kepada mahasiswa di seluruh Indonesia yang telah berkontribusi nyata kepada masyarakat dalam bidang pendidikan, lingkungan, dan kesehatan.

Dari lebih dari 300 pendaftar, Iqbal berhasil melewati seleksi ketat yang meliputi tahap essay melalui G-form, studi kasus, leaders group discussion dan wawancara.

"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dan senang bisa mengalahkan banyak mahasiswa di tahapan seleksi online sebelumnya. Pasalnya, ada banyak mahasiswa yang sangat luar biasa dalam hal berdampak positif kepada masyarakat," ungkap Iqbal penuh rasa syukur.

Menariknya, meski selama ini lebih aktif di bidang pendidikan dengan menginisiasi sejumlah proyek sosial sejak 2018, Iqbal justru mengikuti ajang bergengsi ini pada bidang kesehatan.

Hal ini didasari pengalamannya terdahulu sebagai Dewan Perwakilan Remaja (DPRemaja) Indonesia yang merupakan gerakan yang fokus pada isu rokok dan tembakau.

Di babak final, para finalis diminta membuat sebuah karya tulis tentang isu yang mereka pilih dan mempresentasikannya di hadapan dewan juri.

Selain itu, para finalis juga melakukan kunjungan ke Panti Asuhan Yayasan Pelangi Kasih Medan Indonesia dan mengeksplorasi keindahan Danau Toba setelah sesi penganugerahan.

Meski gagal menjadi juara, semangat Iqbal untuk terus berdampak positif bagi masyarakat tak pernah pudar. Ia bertekad mewujudkan mimpinya menjadi fasilitator perubahan.

“Saya memiliki mimpi untuk menjadi fasilitator perubahan di daerah saya, agar lebih banyak anak muda yang dapat menjadi agent of change di bidangnya masing-masing,” tutur mahasiswa kelahiran Pontianak ini penuh semangat.

Iqbal mengapresiasi kehadiran program seperti Mahasiswa Inspiratif Award yang dapat memotivasi sekaligus mengapresiasi pemuda untuk berkontribusi nyata bagi masyarakat. Ia pun berharap ke depan akan lebih banyak lagi program penghargaan sejenis yang digelar.

"Saya rasa program Mahasiswa Inspiratif Award ini adalah program yang seharusnya dapat menjadi contoh bagi banyak pihak,” katanya.

Sebab, program ini akan membuat anak muda lainnya merasa diapresiasi dan akan semakin semangat untuk terus berdampak melalui program atau gerakan masing-masing,” pungkasnya.

Prestasi Iqbal di ajang bergengsi ini patut diacungi jempol. Meski tidak menjadi juara, semangat dan tekadnya untuk menjadi agen perubahan di daerah asalnya layak dicontoh oleh pemuda lainnya.

Tidak hanya itu, pencapaiannya juga membawa nama baik almamater Universitas Tanjungpura di tingkat nasional.(nia)***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment