Membanggakan! Muhammad Iqbal Pemuda Pontianak Masuk TOP 10 INOVASIA Heroes Award

8 Juni 2024 06:54 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Muhammad Iqbal, pemuda asal Kota Pontianak, Kalimantan Barat, berhasil mengukir prestasi membanggakan dengan masuk ke dalam Top 10 INOVASIA Heroes Award dari Salman Subakat, CEO Paragon Corp.

INOVASIA atau Indonesia Penuh Inovasi Scholarship adalah program untuk anak muda yang telah memiliki ide inovatif melalui program yang berdampak sosial bagi masyarakat.

Program ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dan bantuan pendanaan bagi 3 program inovasi terpilih dan mendapatkan uang peminaan Rp50 juta.

Dalam program INOVASIA ini, Salman Subakat berkomitmen untuk Searching for 100 Social Innovator di kalangan anak muda Indonesia yang telah memberi dampak bagi masyarakat sekitarnya.

Iqbal, yang akrab disapa mendaftarkan program "Youth Camp Education" sebagai program inovasi sosialnya.

Youth Camp Education merupakan program pelatihan kepemimpinan untuk pelajar SMA se-Kalimantan Barat, dengan konsep perkemahan edukasi menggunakan metode experiental learning.

Program ini pernah diinisiasi oleh Iqbal pada tahun 2019 saat memimpin Ayo Bergerak Kalimantan Barat, bekerja sama dengan komunitas Education For Nation Kalimantan Barat. Meraih posisi dalam Top 10 INOVASIA Heroes Award tentu bukanlah pencapaian yang mudah.

“Alhamdulillah sebuah hal yang gak saya pikirkan sebelumnya bisa masuk TOP 10 ini, sebab sejak awal seleksinya memang sangat ketat,” kata Iqbal.

Menurutnya, ada total 1.000 lebih pendaftar dan saat masuk ke TOP 100. Ia salah satunya, dan berhasil masuk nominasi 10 INOVASIA Heroes Award.

“Saya berkompetisi dengan anak-anak muda yang sangat luar biasa dengan program nya. Sempat insecure juga karena kebanyakan dari mereka adalah lulusan S1 bahkan ada yang sudah S2,” ucap Iqbal

Rangkaian seleksi INOVASIA Heroes Award dimulai dengan pendaftaran program inovasi sosial, dilanjutkan dengan seleksi esai untuk menuliskan rencana pengembangan program jika mendapat pendanaan.

Dari seleksi ini, terpilih 100 awardee INOVASIA Heroes yang kemudian mengikuti sesi mentoring bersama mentor-mentor pilihan.

“Untuk menjadi TOP 10 ini, saya diminta untuk membuat sebuah innovation plan sesuai program yang saya usulkan,” katanya.

Selama sesi mentoring, Iqbal mengaku mendapatkan ilmu berharga dari para mentor. Bahkan dibimbing langsung oleh Salman Subakat sendiri.

Selan itu, ada juga Hendro Fujiono yang turut mementori, membahas tentang memaksimalkan potensi diri melalui DISC, Agung Utama yang memberikan materi problem solving, Dwi Indra Purnomo yang memberikan materi design thinking, dan Tia Reza yang memberikan materi tentang social project management.

Untuk masuk Top 10, Iqbal diminta membuat innovation plan sesuai dengan program yang diusulkannya. Pada tahap ini, Iqbal akan melakukan pitching atau presentasi program inovasi sosialnya melalui zoom meeting.

Sebenarnya, para finalis top 10 ini, diundang untuk hadir ke Jakarta dan menghadiri awarding session secara langsung di kantor Paragon, pada 3 Februari 2024. Namun Iqbal tidak dapat hadir karena harus mengikuti event lain di Medan.

Meskipun tidak berhasil menjadi Top 3 untuk mendapatkan pendanaan, Iqbal sangat mengapresiasi program INOVASIA.

Sebab, program ini telah mengapresiasi anak-anak muda yang mau berkontribusi membuat inovasi program sosial dan difasilitasi pendanaanya.

“Saya berharap, program ini berkelanjutan," tutur Iqbal.

Prestasi Iqbal dengan masuk ke dalam Top 10 INOVASIA Heroes Award ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi anak muda lainnya di Kalimantan Barat.

Pencapaian ini menunjukkan bahwa anak-anak muda di daerah juga memiliki semangat dan komitmen untuk berkontribusi positif bagi masyarakat melalui program-program inovasi sosial yang berdampak langsug. Iqbal pun memiliki harapan besar untuk melanjutkan program inovasi sosialnya.

"Saya memiliki semangat untuk melahirkan Local Champion khususnya di daerah saya,” ujarnya. “Saya ingin terus berdampak bagi lingkungan saya dan terus melahirkan local champion di daerah saya," ungkapnya penuh semangat.(nia)***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment