87 Nama Masuk Bursa Pencalonan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalbar

13 Januari 2023 11:23 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Sebanyak 87 nama masuk dalam bursa pencalonan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalbar.

Adapun mekanisme pemilihan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalbar akan dilakukan lewat forum Musyawarah Wilayah atau Muswil ke-15 yang akan dihelat pada 4-5 Februari 2022.

Nama-nama bakal calon Pimpinan Muhammadiyah Kalbar yang telah mendaftar bakal diversifikasi ulang untuk dipastikan apakah memenuhi syarat atau tidak.

Baca Juga: Usung Tema Memajukan Kalbar, Muswil Muhammadiyah Kalbar ke-15 akan Soroti Berbagai Isu Strategis

"Penjaringan calon sudah. Muncul 87 nama yang diusulkan jadi calon pimpinan wilayah Muhammadiyah Kalbar," kata Ketua Panlih Muhammadiyah Kalbar, Ahmad Rabi'ul Muzammil, Jumat (13/1/20223).

Para bakal calon hasil penjaringan tahap awal ini nantinya diwajibkan mengembalikan seluruh persyaratan pada 25 Januari 2022 untuk ditetapkan jadi calon. Syarat pencalonan di Muhammadiyah sendiri terbilang ketat.

Calon Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalbar harus sudah menjadi anggota Muhammadiyah minimal satu tahun dan dibuktikan dengan kartu anggota.

Baca Juga: Muhammadiyah Kalbar Bakal Gelar Muswil, Salah Satu Agendanya Memilih Pimpinan Wilayah

"Tidak boleh terlibat parpol dan rangkap jabatan, termasuk dalam amal usaha Muhammadiyah," terang Ahmad Rabi'ul Muzammil.

Selain itu, para calon juga harus berdomisili di Ibu Kota Provinsi Kalbar. Mekanisme pemilihan nantinya bakal digelar dengan cara voting. Masing-masing pemegang hak suara akan memilih 13 nama.

"13 nama terpilih akan bermusyawarah siapa yang menjadi Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah," jelasnya.***

Tags :

Leave a comment