Launching SISKEUDES, Bupati Bengkayang Darwis Minta Pengelolaan Keuangan Desa Transparan

14 Desember 2022 14:14 WIB
Ilustrasi

BENGKAYANG, insidepontianak.com - Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis me-launching Sistem Keuangan Desa atau SISKEUDES online, di aula utama kantor Bupati Bengkayang, Rabu (14/12/2022).

Peluncuran aplikasi terbaru SISKEUDES itu diharap agar laporan keuangan di unit masing-masing desa ataupun pelayanan masyarakat di Kabupaten Bengkayang dapat berjalan baik.

Baca Juga: Pemkab Sanggau Lepas Mahasiswa IKIP Pontianak Gelar KKM Selama Empat Bulan

Selain itu, sistem SISKEUDES juga dapat selalu mengawasi dan dilakukan pembinaan, khususnya terkait dengan pengelolaan keuangan pada tingkat desa.

Bupati Darwis menyebut, SISKEUDES merupakan alat bantu pemerintah desa dalam menata usaha keuangan desa yang berbasis sistem aplikasi dibangun oleh pemerintah bekerja sama dengan Kemendagri dan BPKP.

Baca Juga: Wabup Ketapang Farhan Sosialisasikan Portal Satu Data, Harap Tingkatkan Keterbukan Inforamasi Publik

"Sehingga hadirnya sistem tersebut, pengelolaan keuangan desa lebih akuntabel, transparan, efektif dan efisien," ucap Bupati Darwis.

Bupati Darwis juga mengatakan, SISKEUDES dapat digunakan sebagai salah satu instrumen pengendalian pemerintah daerah terhadap pengelolaan keuangan desa.

Baca Juga: Sekda Sanggau Evaluasi Kinerja Tim Gugus Tugas KLA, Minta Serius Penuhi 24 Indikator

Untuk itu, ia pun meminta para camat di setiap wilayah agar dapat turut mengawasi proses dan tahapan pengelolaan keuangan yang dilakukan masing-masing perangkat desa.

"Semoga implementasi SISKEUDES online bagi 122 desa yang ada di kabupaten Bengkayang dalam melakukan pengelolaan dana berjalan maksimal kedepannya," pesan Bupati Darwis.***

Tags :

Leave a comment