DPRD Sanggau Dukung Pemkab Jadikan RSUD Mth Djaman jadi RS Terbaik

13 Desember 2022 15:24 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Sanggau bertekad menjadikan RSUD MTh Djaman menjadi rumah sakit terbaik dan menjadi kebanggaan masyarakat Sanggau.

Cita-cita itu pun disambut baik oleh DPRD Sanggau. Bahkan, DPRD Sanggau siap mendukung Pemkab Sanggau untuk mewujudkan RS MTh Djaman sebagai rumah sakit terbaik.

"Apapun yang dilakukan Pemkab Sanggau melengkapi fasilitas yang ada tentu kami sangat mendukung," kata Wakil Ketua DPRD Sanggau, Acam, Selasa (13/12/2022).

Baca Juga: Bupati Sambas Satono Ikut Sosialisasi GERMAS di Kecamatan Sajad, Ada Pemeriksaan Kesehatan hingga Sunat Massal

Acam mengungkapkan rasa prihatinnya karena masih banyak warga Sanggau yang memilih berobat ke negara tetangga atau Malaysia dibandingkan di kampungnya sendiri.

Maka, baginya, impian menjadikan MTh Djaman sebagi rumah sakit terbaik sangat relevan. Supaya masyarakat bisa berobat dengan nayaman tanpa harus keluar daerah atau ke negara tetangga.

"Kita ini sebagai sebuah negara rasanya tidak nyaman kalau masyarakat kita lebih melilih nyeberang ke Kucing Malaysia untuk berobat dibandingkan negara kita sendiri,” ucapnya.

Baca Juga: Jelang Nataru, Satpol PP Bengkayang akan Tertibkan PKL Musiman di Pusat Kota

“Ini yang menjadi perhatian kita, kalaupun belum mampu melebihi Kucing ya paling tidak punya fasilitas yang samalah," sambung Acam.

Acam menyadari, untuk menjadikan RSUD MTh Djaman sebagai rumah sakit rujukan dan kebanggan masyarakat Sanggau memang tidaklah mudah.

Perjuangannya sangat berat. Karena pasti butuh biaya yang tak sedikit. Namun, jika impian itu benar-benar diperjuangkan, Acam meyakini bisa dicapai.

Baca Juga: Sekda Kalbar Harisson Sebut Ratusan Perusahaan Belum Laporkan Penyaluran CSR

Karena itu, ia mendorong, sinergisitas antara Pemkab Sanggau dan DPRD Sanggau ditingkatkan. Supaya bisa berkolaborasi mencari dana-dana pusat.

"Untuk rumah sakit kebanggan kita ini kami di DPRD sangat siap mendukung, karena yang menikmati kelengkapannya juga nanti kita dan anak-anak cucu kita nantinya," pungkas Acam.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Sanggau telah mengalokasikan anggaran Rp 60 milyar untuk membangun gedung rawat inap MTh Djaman.

Baca Juga: Pemkab Sambas Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM 2021

Kapasitas gedung rawat inap itu sekitar 300 tempat tidur. Namun, mengingat kemampuan APBD Sanggau terbatas, maka pembangunan gedung rawat inap beserta fasilitasnya direncakan dilakukan penganggaran dua tahap.

Pembangunan tahap pertama mulai dilakukan di 2023 dengan kapasitas 150 tempat tidur. Dan di 2024, dianggarkan kembali untuk menyelesaikan sisanya.***

Tags :

Leave a comment