PLBN Entikong Diusulkan Jadi Kawasan Ekonomi Khusus, Bupati Sanggau Siap Support

22 November 2022 13:48 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com - Bupati Sanggau Paolus Hadi merespon usulan Kementerian Perdagangan agar terkait usulan PLBN Entikong menjadi Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK.

Bupati Paolus Hadi menyatakan siap mendukung usulan tersebut. Supaya peluang ekonomi yang ada di PLBN Entikong bisa dikelola secara terintegrias dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kalau saya berpikir harusnya ada dua, karena otoritas pemerintah pusat sangat kuat di Perbatasan itu. Kalau analisa mereka tepat seperti itu pasti kami support," kata Bupati Paolus Hadi, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga: Dampak Gempa M5,6 Cianjur higga ke Bogor, 78 Rumah Warga Rusak

Bupati Paolus Hadi menyebut, kemampuan menganalisa pontesi kawasan ekonomi khusus di PLBN Entikong harus ditunjang Kementerian Perdagangan. Sementara pemerintah daerah, hanya mendukung dari sisi syarat adiministratif.

"Tapi menurut saya analisis ini harus tepat dari mereka. Kalau mereka berpikir itu penting, tepat, di level kementerian. Karena perencanaan ini kan tidak hanya dari buttom-up bisa juga dari top-down," ujarnya.

"Tapi statmen saya, kami support, kami senang sekali, dan saya bisa mengusulkan, ,"pungkas Bupati.

Baca Juga: Polri Kerahkan Brimob dan Tim Trauma Healing Bantu Korban Gempa Cianjur

Diberitakan sebelumnya, Ketua Komis II DPRD Kabupaten Sanggau, Hendrykus Bambang mengungkapkan Kementerian Perdagangan menyarankan Pemda Sanggau mengusulkan PLBN Entikong menjadi kawasan eonomi khusus.

Baca Juga: BNPB Pastikan Kembali Bangun Rumah Warga Terdampak Gempa Cianjur

Supaya potensi ekonomi di PLBN Entikong bisa maksimal diperoleh. Dengan demikian, keberadaan pos lintas batas ini bisa membawa dampak peningkatan ekonomi masyarakat perbatasan.

"Jadi untuk mengintegrasikan itu pentingnya Kawasan Ekonomi Khusus," pungkas Bambang.***

Tags :

Leave a comment