Pasca Gempa, BMKG Imbau Warga Cianjur Waspada Longsor dan Banjir

22 November 2022 13:45 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com -  Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, waspada bencana lanjutan berupa tanah longsor dan banjir bandang pasca guncangan gempa dengan magnitudo 5,6.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menuturkan, imbauan tersebut dikhususkan bagi warga Cianjur yang bermukim di daerah lereng-lereng perbukitan dan di lembah atau bantaran sungai.

Lebih jauh Dwikorita menuturkan, besar kemungkinan lereng-lereng perbukitan di Cianjur menjadi rapuh usai terjadinya gempa bumi.

Hal tersebut bisa makin diperparah dengan tingginya intensitas hujan yang berpotensi mengguyur wilayah Cianjur.

"Lereng-lereng yang rapuh ini ditambah hujan deras dapat memicu terjadinya longsor dan banjir bandang dengan membawa material runtuhan lereng,” ungkapnya,” Selasa (22/11/2022).

Baca Juga: Dampak Gempa M5,6 Cianjur higga ke Bogor, 78 Rumah Warga Rusak

“Jadi masyarakat dan pemerintah setempat juga perlu mewaspadai adanya kolateral hazard atau bahaya ikutan usai gempa kemarin," sambung Dwikorita,

Di kesempatan yang sama, BMKG juga mengimbau masyarakat menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa bumi.

Hal itu dikhawatirkan struktur bangunan tidak kuat menopang dan dapat ambruk bila sewaktu-waktu terjadi gempa susulan.

"Sementara jangan memaksakan kembali ke rumah jika bangunannya rusak atau retak-retak. Hingga pukul 06.00 WIB, 22 November 2022, telah terjadi 117 gempa susulan dengan terbesar tinggi getaran 4.2 dan terkecil 1,5 magnitudo," urainya menambahkan.

Sedangkan, Tim Survey BMKG, lanjut Dwikorita, saat ini melakukan perekaman gempa-gempa susulan dan tingkat kerusakan.

 "Ini diperlukan untuk menghasilkan peta makrozonasi dan mikrozonasi yang diperlukan untuk mendukung proses rekonstruksi dan penyempurnaan tata ruang," tutup Dwikorita Karnawati.

 Sebagaimana diketahui sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan ada sebanyak 162 korban yang meninggal dunia akibat gempa merusak yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Baca Juga: Gempa Cianjur, Korban Jiwa Capai 162 Orang dan 13.784 Mengungsi

 

 

 

Tags :

Leave a comment