Temukan Jawaban Kapan Hari Ayah Nasional Dirayakan, Kenang Arti Ayah, Enam Rekomendasi Film dan Link Nonton

11 November 2022 22:14 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Hari Ayah Nasional sering kali terlupakan, itu sebab pertanyaan kapan Hari Ayah Nasional selalu muncul di setiap tahunnya.

Lantas kapan Hari Ayah dirayakan? Hari Ayah Nasional dirayakan setiap tanggal 12 November setiap tahunnya.

Momentum Hari Ayah Nasional memang terbilang langka di Indonesia. Jadi tak heran jika pertanyaan kapan Hari Ayah lebih sulit menjawabnya ketimbang Hari Ibu.

Jatuh pada 12 November, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Ayah Nasional.

Salah satunya adalah menonton film-film bertemakan tentang keluarga, yang lekat dengan kisah seorang ayah.

Melansir Antaranews.com, yang mengutip dari siaran resmi Netflix, pada Jumat (11/11/2022), berikut enam film rekomendasi tentang ayah yang bisa ditonton untuk merayakan Hari Ayah Nasional.

1. Ngeri Ngeri Sedap

Link: https://www.netflix.com/id/title/81632937

Film garapan sutradara Bene Dion Rajagukguk ini mencatat prestasi sebagai salah satu film yang paling banyak ditonton pada tahun ini.

Pasangan suami istri Pak Domu (Arswendy Beningswara Nasution) dan Mak Domu (Tika Panggabean) tinggal bersama salah satu anak mereka, Sarma (Gita Bhebhita), di Toba, Sumatra Utara.

Mereka ingin agar anak-anak yang telah lama merantau, Domu (Boris Bokir), Gabe (Lolox), dan Sahat (Indra Jegel), pulang ke kampung halaman untuk menghadiri acara adat, tapi ketiganya menolak akibat hubungan dengan Pak Domu yang tidak harmonis.

Demi mendapat perhatian dan memastikan anak-anak mereka pulang, Pak Domu dan Mak Domu berpura-pura bahwa mereka berselisih dan akan bercerai.


2. My Father’s Dragon


Link: https://www.netflix.com/id-en/title/80178603

Film animasi yang mengangkat tema keberhasilan dan petualangan ini merupakan adaptasi dari My Father’s Dragon, buku anak-anak karya Ruth Stiles Gannett pemenang penghargaan Newberry.

Salah satu pengisi suara dalam film ini adalah Gaten Matarazzo dari serial Stranger Things sebagai karakter Elmer Elevator.

My Father’s Dragon menceritakan kisah Elmer yang mengalami kesulitan setelah ia pindah ke sebuah kota bersama ibunya. Elmer melarikan diri demi mencari Wild Island dan seekor naga yang menanti untuk diselamatkan.

3. The Adam Project

Link: https://www.netflix.com/id/title/81309354

Film fiksi ilmiah yang humoris ini mengikuti perjalanan seorang pilot tempur penjelajah waktu bernama Adam Reed (Ryan Reynolds) yang mendarat darurat di tahun 2022.

Situasi berbahaya di masa depan membuat Adam harus bekerja sama dengan mendiang ayahnya (Mark Ruffalo) dan dirinya sendiri yang berusia 12 tahun (Walker Scobell), untuk menyelamatkan dunia.

The Adam Project menghadirkan berbagai momen menyentuh tentang saat-saat bersama anggota keluarga serta aksi pertempuran pesawat dengan berbagai senjata canggih.

4. Spy x Family

Link: https://www.netflix.com/id/title/81511410

Diangkat dari serial manga karya penulis dan ilustrator Tatsuya Endo, Spy x Family mengikuti perjalanan seorang mata-mata yang harus “membentuk sebuah keluarga” untuk menjalankan sebuah misi istimewa.

Tanpa ia sadari, gadis yang diadopsi sebagai anaknya memiliki kemampuan telepati sementara perempuan yang menjadi istrinya adalah seorang pembunuh bayaran profesional.

Seiring mereka menjalani hari, keluarga ‘harmonis’ ini berhadapan dengan berbagai situasi yang pada akhirnya membuat mereka menyadari arti sebenarnya dari keluarga.

5. Yes Day

Link: https://www.netflix.com/id-en/title/81011712

​​​​​​​Film komedi ini diangkat dari buku anak-anak berjudul sama karya Amy Krouse Rosenthal.

Setelah mendapat teguran dari anak-anak mereka, suami istri Allison (Jennifer Garner) dan Carlos Torres (Édgar Ramirez) menyadari selama ini mereka terlalu sering melontarkan larangan dengan berkata “tidak”.

Atas usul Katie (Jenna Ortega) sang anak pertama, mereka kemudian menghabiskan satu hari penuh dan Allison maupun Carlos wajib mengatakan ‘ya’ untuk semua permintaan anak-anak.

Berbagai permintaan anak-anak yang disanggupi oleh Allison dan Carlos tanpa disangka-sangka membawa mereka menjalani berbagai petualangan luar biasa di Los Angeles.

6. Keluarga Cemara 2

Link: https://www.netflix.com/id/title/81597193

Melanjutkan cerita dari film pertama Keluarga Cemara, kini Abah (Ringgo Agus Rahman) telah memiliki pekerjaan baru yang sayangnya membuat ia tak lagi memiliki waktu lebih untuk hal-hal lain, termasuk memberi perhatian untuk ketiga anaknya, yaitu Euis (Adhisty Zara), Ara (Widuri Putri Sasono), dan Agil (Niloufer Bahalwan).

Anak-anak tersebut pun menghadapi masalah masing-masing seiring mereka tumbuh dewasa.

Akankah mereka berhasil menyelesaikan masalah dan kembali menjadi keluarga yang harmonis?

Sebetulnya ada banyak lagi film-film bertema keluarga yang soroti karakter ayah dalam film-film Indonesia maupun film luar negeri, namun enam film ini layak ditonton oleh setiap keluarga Indonesia untuk merayakan Hari Ayah Nasional, pada tanggal 12 November.

Tags :

Leave a comment