Presiden Jokowi akan Anugerahi Lima Tokoh Bangsa sebagai Pahlawan Nasional

3 November 2022 18:08 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada lima tokoh bangsa. Kelima tokoh dipilih berdasarkan usulan masyarakat dan telah melalui sejumlah proses seleksi.

Pernyataan ini disampaikan Menko Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud Md selaku Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (3/11/2022).

"Hari ini Bapak Presiden memutuskan tahun ini memberikan lima (gelar pahlawan nasional) kepada tokoh-tokoh bangsa," ujar Mahfud seperti dikutip dari keterangan pers Sekretariat Presiden.

"(Kelima tokoh bangsa) telah ikut berjuang mendirikan negara Republik Indonesia melalui perjuangan kemerdekaan dan mengisinya dengan pembangunan-pembangunan sehingga kita eksis sampai sekarang sebagai negara yang berdaulat," sambungnya.

Baca Juga: Potret Desy Ratnasari Tampil Bak Remaja Menuai Banyak Pujian, Netizen: Cantik Dari Dulu

Berikut kelima nama tokoh yang akan dianugerahkan gelar Pahlawan Nasional, antara lain:

1. DR dr H R. Soeharto dari Jawa Tengah
2. KGPAA Paku Alam VIII
3. dr Raden Rubini Natawisastra dari Kalimantan Barat.
4. H Salahuddin bin Talibuddin dari Maluku Utara
5. KH Ahmad Sanusi dari Jawa Barat

Adapun penanugerahan gelar Pahlawan Nasional akan diberikan pada peringatan Hari Pahlawan 10 November, yang rencananya akan digelar di Istana Negara Jakarta, Senin 7 November 2022.

Karena itu, Mahfud mengimbau kepada daerah-daerah yang merupakan asal dari para tokoh penerima gelar pahlawan nasional untuk mempersiapkan diri hadir.

"Kami sarankan kepada daerah-daerah tadi yang sudah mempunyai usul-usul dan disetujui oleh pemerintah supaya segera menyiapkan diri untuk hadir dan melakukan penyambutan-penyambutan, baik upacara adat, upacara daerah, atau apapun yang bisa dilakukan untuk menyongsong anugerah ini," pungkasnya.

Baca Juga: Catat! Berikut 14 Kawasan di DKI Jakarta yang Rawan Terjadi Longsor

Tags :

Leave a comment