PCI NU Brunei Darussalam Siap Kirim Warga Brunei Kuliah ke Unisma

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MALANG, insidepontianak.com - Rektor Universitas Islam Malang atau Unisama, Prof Maskuri melakukan lawatan ke UNISSA dan KUPU SB Brunei Darussalam pada 29-30 Agustus 3023.

Selain itu, Maskuri tak lupa melakukan silaturahmi dengan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama Brunei Darussalam (PCI NU BD).

Dalam setiap kunjungan Maskuri ke luar negeri, Rektor Unisma Malang ini selalu mengupayakan untuk berkunjung ke sekretariat PCI NU setempat.

Dalam kunjungan kali ini, Rektor Unisma Malang didampingi oleh Kepala Pusat Bidang Kolaborasi dan Pengembangan Internasional, Sonny Elfiyanto.

Setidaknya ada lima putra-putri warga NU Brunei Darussalam yang telah melanjutkan studi di Unisma Malang.

Bertempat di Mangrove Paradise Resort, sg Blukut Jalan Kota Baru, Rektor Unisma Malang di daulat memberi sambutan dan tausiyah yang bertujuan untuk memberi motivasi, membangun semangat berkhidmah serta merekatkan silahturahmi warga NU yang berada di Brunei untuk tetap kompak dan terus berusaha menghidupi oraganisasi ini, dengan cara meringankan beban orang miskin, membangun kedamaian, budaya dan peradaban, dan ini mewujudkan petuah dari K.H. Abdul Wahab Chasbullah.

“Jangan mencari hidup di NU, tapi hidupilah NU,” tuturnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan dan pembaharuan MoU dengan Ketua PCI NU Brunei Darussalam yang disaksikan oleh Wakil Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam dan jajaran Pengurus PCI NU.

Ketua PCI NU Brunei Darussalam dalam sambutannya, menyampaikan apresiasinya kepada Unisma malang sebagai PTNU terbaik hadir di Brunei Darussalam.

“Kita merasa rugi kalau beliau tidak kita hadirkan dalam forum ini, untuk memberi motivasi jajaran pengurus NU.l,” ujarnya.

Ketua Tanfidz yang energik itu juga berharap bahwa dengan kehadiran Rektor Unisma ini bisa mewujudkan isi dari MoU yang di tandatangani.

Salah satunya adalah mengirimkan anak-anak warga NU Brunei Darussalam untuk belajar di Kampus NU terbaik di dunia ini.

Mereka akan dididik tentang ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dan budaya di Unisma Malang. satu-satunya universitas yang berbasis nilai-nilai moderasi, harmoni, toleran di tengah-tengah perbedaan adat istiadat, budaya, agama, seni dan Bahasa atau multikultural.

“Warga NU yang telah bergabung di PCI NU Brunei Darussalam lebih dari 1.000 orang dari warga Indonesia di Brunei mencapai 30.000 orang dari jumlah penduduk yang ada 400.000 orang,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Perwalian Duta Besar RI untuk Brunei, Irwan Iding, yang turut hadir dalam sambutannya mengungkapkan bahwa PCI NU menjadi perekat antar warga dan memudahkan KBRI dalam mengkoordinasikan warga Indonesia di Brunei.

Dirinya juga berharap agar PCI NU Brunei bisa tetap eksis demi membantu kemaslahatan warga sekitar terutama warga Indonesia yang berada di Brunei Darussalam.

Rektor Unisma dan rombongan diterima secara langsung oleh Wakil Kepala Perwalian Duta Besar RI untuk Brunei, Irwan Iding, Rois Syuriah NU KH Affandi dan Ketua PCI NU Brunei Darussalam, K.H. Ahmad Dhofir, yang di dampingi 30 orang lebih dari jajaran Syuriyah, Tanfidziyah, Ketua Lembaga dan Ketua Banom pengurus PCI NU Brunei Darussalam.***

Leave a comment