Manfaat Es Batu untuk Wajah: Ritual Sederhana Dapatkan Kulit Sehat dan Cantik

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Banyak cara yang bisa dilakukan agar kulit sehat dan cantik, terutama di wajah, salah satunya adalah menggunakan air es. Menariknya, untuk meraih manfaat, ritualnya pun sangat sederhana.

Artinya, guna meraih manfaat agar kulit sehat dan cantik, tidak perlu repot. Cukup kompres wajah Anda dengan ar es, jadi tidak perlu bahakn kimia yang bisa saja punya efek samping.

Ya, mengompres wajah dengan air es bisa dikatakan ritual alami yang efektif. Bahkan, selain membuat kulit sehat dan cantik, air es juga punya manfaat lain yang tak kalah penting.

Melansir yankes.kemkes.go.id, Senin (4/9/2023), ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kulit sehat dan cantik. Anda bisa menggunakan skincare hingga melakukan ritual alami untuk mempercantik kulit.

Nah, salah satu ritual alami yang disebut efektif mempercantik kulit adalah dengan menggunakan es batu ke kulit. Manfaat es batu untuk wajah pun beragam, sebut saja mengatasi mata dan wajah bengkak.

Namun, meski es batu dapat memberikan beberapa manfaat bagi wajah, sebaiknya orang yang memiliki kulit sensitif sebaiknya tidak melakukannya.

Terutama menggunakan teknik facial icing atau metode menempelkan es batu ke kulit. Pasalnya, teknik ini dapat menyebabkan kulit mengalami iritasi.

Terlepas dari itu, manfaat es batu untuk wajah dapat Anda peroleh dengan membuat kompres dingin. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membungkus beberapa es batu menggunakan handuk yang tipis dan lembut.

Selanjutnya, gunakan kompres dengan gerakan memutar secara perlahan di area kulit wajah seperti pipi, dagu, dahi, hidung, dan bawah mata. Lakukan selama 1-2 menit.

Berikut beberapa manfaat es batu bagi wajah:

  1. Mengurangi produksi minyak
    Manfaat es batu untuk wajah lainnya adalah mengurangi produksi minyak atau sebum di wajah. Ini karena es batu dapat mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.
  2. Mengatasi jerawat
    Penggunaan es batu pada wajah juga mampu mengatasi jerawat yang meradang. Es batu memiliki sifat antiradang yang dapat meredakan tanda peradangan pada kulit yang berjerawat, seperti kemerahan, bengkak, dan nyeri.
  3. Mencerahkan wajah
    Wajah cerah juga dapat diperoleh bila Anda kerap menggunakan es batu sebagai perawatan wajah. Ini karena es batu dipercaya bisa melancarkan sirkulasi darah, terutama di bagian wajah, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan bercahaya.
  4. Menyamarkan kerutan
    Penggunaan es batu untuk wajah juga dapat menyamarkan kerutan dan mencegah tanda penuaan dini pada wajah. Es batu diketahui bisa membuat kulit wajah makin kencang, sehingga kerutan-kerutan di wajah tersamarkan.
  5. Mengecilkan pori-pori
    Jika uap panas untuk membuka pori-pori wajah, maka sebaliknya es batu bisa mengecilkan dan menutup pori-pori. Es batu juga bisa mengurangi penumpukan kotoran pada kulit wajah.
  6. Mengatasi kulit terbakar matahari
    Manfaat es batu untuk kecantikan berikutnya adalah mengatasi sunburn pada kulit tubuh maupun wajah. Es batu bersifat dingin sehingga dapat meredakan rasa nyeri dan panas akibat kulit terbakar.
  7. Meningkatkan sirkulasi Darah
    Karena bersifat dingin, ketika es batu dioleskan ke wajah, maka sirkulasi darah pun bisa lebih lancar. Tanda-tanda aging atau penuaan pun bisa dikurangi dan dicegah.
  8. Mengatasi gigitan serangga
    Gigitan serangga pada kulit cukup mengganggu karena menimbulkan rasa gatal. Padahal, jika digaruk malah dapat menyebabkan luka. American Academy of Dermatology (AAD) menyarankan penggunaan es batu untuk mengurangi gatal dan bentol akibat gigitan serangga.
  9. Mengurangi gatal kulit
    Tidak hanya karena gigitan serangga, gatal juga dapat disebabkan oleh eksim, psoriasis, biduran, scabies, dan berbagai kondisi kulit lainnya. Untuk pertolongan pertama pada kulit gatal, AAD menyarankan kompres dengan es batu selama 10-15 menit.
  10. Membantu penyembuhan luka
    Luka pada kulit bisa saja terjadi di area tubuh manapun. Manfaat es batu untuk kecantikan kulit dapat membantu penyembuhan luka. Kompres dingin dengan es batu dapat meredakan bengkak dan nyeri akibat kulit yang terluka.
  11. Membantu prosedur filler
    Penggunaan filler untuk alasan kecantikan cukup populer akhir-akhir ini. Agar Anda merasa lebih nyaman saat proses penyuntikan filler, es batu dapat ditempelkan pada area suntikan untuk membuat bagian tersebut baal.

Demikian manfaat es batu bagi wajah. Sebuah ritual alami yang dianggap efektif untuk menyelesaikan masalah Anda. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment