Unisma Jalin Kerja Sama dengan Dua Perguruan Tinggi di Turki

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MALANG, insidepontianak.com - Rektor Universitas Islam Malang atau Unisma, Maskuri mengawali lawatan lima negara dalam rangka memperkuat milestone enterpreneurial dan world class university.

Adapun negara-negara yang kunjungi tersebut ialah, Turki, Azerbaijan, Rusia, Uni Emirat Arab, dan Malaysia.

Lawatan ini dalam rangka memperluas akses kerja sama internasional dengan mitra perguruan tinggi kelas dunia, pasca-Unisma meraih akreditasi internasional dari lembaga akreditasi internasional ASIIN dan FIBAA Jerman.

Pengembangam akses kerja sama internasional ini diawali dengan pertemuan dengan yang Mulia Bapak Darianto Harsono, Konsul Jenderal Republik Indonesia, di Istanbul Turki.

Didampingi oleh Ibu Marisa Wiedha Christyanti, Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya, KJRI Istanbul.

Dalam lawatan kerja kali ini, Rektor Unisma didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Badat Muwakhid, Wakil Rektor Bidang Kelembagaan dan Teknologi Informasi, Istirochah Pujiwati, Kepala Kantor Urusan Internasional, Imam Wahyudi Karimullah,

Konjen Istanbul Turki, Darianto Harsono menyampaikan, siap mendukung sebagai perantara dan fasilitator dalam menjembatani perguruan tinggi Indonesia, dan di Istanbul Turki untuk bekerja sama dalam tiga aspek Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Pada kunjungan kerjasama luar negeri kali ini, UNISMA Malang menggandeng dua perguruan tinggi papan atas (top university in Turki) dan yang tertua di Turki, antara lain, Istanbul University dan Marmara University.

Universitas Istanbul, atau Istanbul Üniversitesi, adalah salah satu perguruan tinggi tertua di Turki, yang terkenal dengan perpustakaan besar dan koleksi berharga.

Universitas ini menjadi pusat penelitian dan pembelajaran yang penting di wilayahnya dan terus berkembang dalam hal kualitas pendidikan dan risetnya.

Kedua belah pihak sepakat untuk bekerja sama di bidang tridarma dan akan dilaksanakan penandatanganan MoU dalam waktu dekat.

Selepas melaksanakan pertemuan kerja sama dengan Istanbul University, delegasi Unisma melaksanakan kegiatan penandatanganan MoU dengan pimpinan Marmara University, di Istanbul.

Marmara Universitas, didirikan pada tahun 1883. Universitas ini memiliki sejarah yang kaya dalam pendidikan tinggi.

Dengan beragam fakultas dan program studi, Marmara University menawarkan pendidikan berkualitas dalam berbagai bidang, termasuk ilmu sosial, ilmu alam, kedokteran, dan humaniora.

Universitas ini memiliki fasilitas modern, perpustakaan yang kaya, dan fokus pada penelitian yang berdampak pada pengembangan ipteks.

Marmara University juga terkenal karena kerja sama internasionalnya yang luas dan berkontribusi pada perkembangan akademik, sosial, dan ekonomi di Istanbul dan Turki secara keseluruhan.***

Leave a comment