Viral Gegara Pengharum Ruangan Rumah Warga Cibinong Hancur, Begini Penjelasan Ahli

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Beberapa pekan lalu, video menarasikan sebuah rumah di Cibinong hancur gara-gara ledakan pengharum ruangan viral di media sosial.

Netizen yang mengetahui video viral tersebut lantas mencoba cari tahu kebenaran pengharum ruangan yang dapat menghancurkan sebuah rumah di Cibinong tersebut. Mereka beranggapan, bahwa kabar tersebut tidak masuk akal.

Beberapa alasan dan opini netizen bertebaran di medsos. Banyak dari mereka menyangsikan fakta tentang pengharum ruangan dapat meledakkan sebuah rumah di Cibinong itu. Lantas, mereka terus mencari tentang informasi yang terpercaya.

Berdasarkan penelusuran tim Insidepontianak, narasi sebuah rumah yang hancur gegara ledakan pengharum ruangan ini bisa ditemui pada akun Instagram @cibinong viral.

Pemilik akun mengunggah kejadian tersebut, pada Kamis (7/9) lalu. Rupanya, video ini direkam langsung oleh salah satu warga yang juga turut berada di lokasi pasca ledakan.

"Hati-hati jika menaruh pengharum ruangan yang berbentuk gas. Taruhnya jangan di dekat kompor," ucap perekam video sambil menunjukkan seluruh ruangan yang porak poranda.

Terlihat jelas pada video viral ini, beberapa bongkahan dinding tembong menimpa sebuah kompor. Plafon yang berada di atap pun juga hancur berguguran ke tanah.

Dari rekaman tersebut, bisa disimpulkan bahwa rumah salah seorang warga yang tertimpa ledakan pengharum ruangan ini rusak parah.

Kapolsek Cibinong, AKP Waluyo yang juga sudah mengetahui peristiwa tersebut membenarkan tentang rusaknya sebuah rumah lantaran ledakan yang cukup besar.

AKP Waluyo kemudian merinci tentang kronologis awalnya terjadi ledakan rumah yang terletak di Pabuaran, Cibinong.

"Dari keterangan penghuni kontrakan, yang bersangkutan mencium bau aroma tidak sedap dari arah dapur, dan yang bersangkutan menyemprotkan pewangi ruangan dalam bentuk botol," kata Waluyo, Senin (11/9).

Setelah merasa cukup, dia lantas menaruhnya di dekat sebuah kompor. Kemudian, penghuni rumah menyalakan kompor gas lantaran hendak memasak air untuk membuat kopi.

"Sekitar lima menit kemudian langsung terjadi ledakan yang diduga akibat panasnya botol pewangi ruangan yang menyambar ke aliran gas elpiji 3 Kg tersebut," ujarnya

Beruntungnya, meski terjadi ledakan dahsyat. Tidak ada korban jiwa dari para penghuni. Namun, istri pemilik kontrakan mengalami luka-luka akibat tertimpa reruntuhan plafon.

Dari keterangan yang terpisah, Kepala Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, Satriadi Gunawan menjelaskan bahwa pengharum ruangan bisa saja memicu ledakan besar.

Sebab, pengharum ruangan mengandung gas aerosol. Bila gas ini berada dilingkungan panas, zat yang ada didalamnya memicu panas berlebih dan mengakibatkan ledakan.

"Kalau ledakan itu terjadi karena tekanan gas di dalam ada potensi jadi panas terus memicu ledakan" kata Satriadi, Selasa (12/9).

Dia pun memberi himbauan kepada seluruh masyarakat untuk tidak meletakkan barang yang mengandung aerosol sembarangan. Bila tidak diperhatikan, hal serupa bisa saja terjadi kembali.

"Semua jenis kaleng yang berisi gas kalau di taruh dekat api bisa meledak karena kan ada lambang di belakang api yang berbahaya bisa menyebabkan ledakan dan memang nggak lazim menaruh pengharum ruangan di dapur atau dekat kompor" tegasnya.

Anjuran tentang tidak meletakkan produk yang mengandung gas sembarangan tidak hanya datang dari para ahli saja. Netizen juga berkomentar demikian pada postingan tersebut.

"Aerosol memang berbahaya kalau kena panas. Dulu pernah tetanggaku naro deodoran semprot di atas TV jaman dulu bentuk TV tabung. Tahu-tahu meledak pas lagi nonton TV," ucap akun @buriburidiamond.

"Jangankan di dekat kompor. Di atas kulkas, di dalam mobil, itu tidak boleh. Karena aerosol memang berpotensi meleduk…," komentar akun @dickofficial, mengamini pengalaman netizen sebelumnya.

"Ini bukan masalah merk-nya apa. tapi, pengetahuan dari kitanya yang jangan asal naro barang pengharum ruangan / obat nyamuk yang di kaleng tuh di dekat-dekat api. Apalagi sampe sampahnya dibakar. Ini contoh bahayanya," jelas akun @sophmrln.

Dengan penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa pengharum ruangan atau produk lain yang mengandung gas harus benar-benar diperhatikan. Bila diletakkan sembarangan, kejadian serupa rumah di Cibinong ini bisa terulang kembali. (Dzikrullah) ***

Leave a comment