Nasi Bekepor Kutai Andalan Warung Selera Acil Inun's: Sajian yang Rasanya Berbeda Setiap Kunyahan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Nasi bekepor memang warisan Kerajaan Kutai Kartanegara dan merupakan sajian khusus, tapi kini sudah bisa dinikmati siapa saja. Nah, salah satu tempat yang menyediakannya adalah Warung Selera Acil Inun's.

Warung Selera Acil Inun's ini bisa dikatakan sebagai pelopor sajian khas nasi bekepor Kutai. Bahkan, tempat makan ini sudah demikian populer di Samarinda, Kalimantan Timur.

Ini tak lain dari perjuangan Warung Selera Acil Inun's menampilkan nasi bekepor seotentik mungkin. Artinya sajian ini dihadirkan persis dengan apa yang ada kala zaman Kerajaan Kutai Kartanegara dulu.

Melansir warongseleraacilinun.wordpress.com, Kamis (12/10/2023), adalah Hajjah Ainun Djariah Asli Amin sosok di belakang Warung Selera Acil Inun's.

Dia adalah pelopor sekalian pelestari nasi bakepor. Lantaran debutnya, makanan langka di Bumi Etam, Kalimantan Timur, ini masihlah dapat dinikmati.

Bermula dari rasa menginginkan menjaga makanan lokal Kutai yang nyaris punah, Acil Inun, panggilan akrab Ainun, buka Warung Selera Acil Inun yang menghidangkan beragam makanan khas dari Kalimantan Timur pada 2002.

Warungnya berada di Jalan Kadrie Oening, Samarinda, dan nasi bekepor langsung menjadi andalannya. Dia memang beranggapan nasi bakepor tidak kalah dengan nasi modern.

Nah, menurutnya untuk membuat nasi bekepor, pertama rempah-rempah serta beras yang telah dicuci dimasukkan ke dalam kenceng atau kendil spesial seperti rantang serta dimasak di atas bara api yang menyala.

Sebelumnya disajikan, berikan lagi daun kemangi, cabai, ikan goreng kering yang telah dihancurkan, serta sedikit perasan jeruk nipis ke dalam nasi.

Kemudian, semua diaduk-aduk sampai rata. Dan, nasi bakepor siap dinikmati. Sistem memasak sampai siap minimum 45 menit.

Sepintas, rasa nasi bakepor serupa dengan nasi uduk. Walau demikian, bila tengah dinikmati, lama kelamaan rasa ikan serta rempahnya semakin lebih merasa.

Rasa rempah-rempah serta campurannya memang lebih muncul kalau nasi bakepor dimasak di kendi atau kenceng. Pun cara memakannya tidak bisa seperti memakan nasi seperti biasanya.

Maksudnya, nasi bekepor lebih nikmat disantap secara perlahan. Pasalnya, denan cara itu, akan muncul rasa yang tidak sama dari setiap kunyahannya.

Dari penampilannya, struktur nasi tidaklah terlalu lembut hingga akan tidak menyebabkan kesan eneg. Nasi bakepor juga tampak agak pucat serta berminyak lantaran telah tercampur dengan ikan goreng.

Untuk memperoleh ikannya, Ainun menghadirkan segera dari Sungai Mahakam sejumlah sembilan puluh persen dari yang dimasak. Ada juga yang dihadirkan segera dari Samarinda.

Aslinya, nasi bakepor dibuat dalam ukuran besar serta tanpa ada lauk. Tetapi, untuk yang suka dengan rasa pedas, dapat pesan sambal raja yang super nikmat sebagai pelengkap.

Sambal ini terbagi dalam enam jenis sambal yang dijadikan satu yakni sambal terong goreng, kacang panjang, kucai, telur rebus, ikan haruan, udang rebus, serta mangga kueni.

Selain sajian andalan itu, Warung Selera Acil Inun's juga tawarkan banyak menu lain seperti sambal goreng udang pete, sayur asam tangkar, pindang kepala ikan, dan sayur keliling atau cah kangkung. Untuk minuman andalan, disiapkan nyiur atau kelapa.

Yang jelas, meskipun tempat makan di Samarinda makin menjamur, Warung Selera Acil Inun's tak pernah kehilangan pelanggan. Pasalnya, selain menawarkan menu otentik, ra,pilan warung juga menarik.

Itulah sebab warung makan khas Kutai ini memiliki pelanggan yang beragam. Mulai dari warga setempat, pejabat, hingga selebritas. Mereka yang pernah datang ke Samarinda bakal terasa rugi bila ketinggal untuk singgah serta coba hidangan khas dari Kota Raja ini.

Demikian soal Warung Selera Acil Inun's, tempat makan khas Kutai yang mengandalkan sajian nasi bekepor. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment