Menikmati Keindahan Pulau Maratua nan Eksotis: Destinasi Wisata Bahari Andalan Berau

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Sepertinya tak ada yang membantah keindahan Pulau Maratua. Destinasi wisata bahari andalan Kabupaten Berau di Provinsi Kalimantan Timur ini memang eksotis.

Ya, nama Pulau Maratua di Kabupaten Berau memang sudah sangat dikenal. Destinasi wisata bahari ini sangat eksotis, indah dari segala sisi mana saja.

Keindahan pulau eksotis ini cenderung tak habis untuk diekspolarasi. Itulah sebab Pulau Maratua Berau menjadi destinasi wisata bahari yang tak lekang oleh waktu.

Melansir kaltimprov.go.id dan jadesta.kemenparekraf.go, Minggu (15/10/2023), luas pulau ini 384,36 km persegi dan lautnya 3.735,18 km persegi. Sejak ratusan tahun silam dihuni penduduk suku laut Bajau.

Pulau Maratua ini terletak di wilayah Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Dan, pulau cantik memiliki penduduk sekitar 3.000 jiwa, terbagi dalam empat desa.

Wisatawan menyebutnya sebagai serpihan surga yang diberikan Tuhan Sang Pencipta kepada Kalimantan. Pasalnya, Pulau Maratua ini menghadirkan hamparan pasir putih dan pesona bawah lautnya yang menakjubkan.

Pulau Maratua ini berada di antara Pulau Kalimantan dan Sulawesi. Berbentuk seperti huruf U dan menawarkan eksotisme dan kecantikan yang sangat indah.

Sejatinya pulau ini memiliki karakteristik hampir mirip dengan Pulau Derawan, tapi tetap saja memiliki keunikan tersendiri yang menarik untuk Anda jelajahi. Dan, Pulau ini memang berada di gugusan Kepulauan Derawan.

Yang jelas, Pulau Maratua menyuguhkan hamparan laut biru yang bersanding dengan pasir putihnya yang lembut. Ditambah kecantikan bawah lautnya yang sangat luar biasa dan sayang dilewatkan saat berkunjung ke Kalimantan Timur.

Apalagi senja di Pulau Maratua akan terasa indah. Suasana hening dan deburan ombak yang mulai menyapu seiring air laut yang pasang menawarkan sensasi yang berbeda. Pun Anda dapat berenang, menyelam dan melihat berbagai macam ikan atau hanya sekadar berjemur di pinggir pantai.

Di pulau ini berdiri sejumlah resort dan cottage yang umumnya dikunjungi wisatawan asing. Antara lain Maratua Paradise Resort, Pratasaba di Payung-payung, Green Nirvana Jalan Bayur, Payung-Payung, Borneo Cottage Teluk Harapan, Noah Maratua Resort, Teluk Harapan Bohe Bukut, dan Virgin Cocoa Island.

Destinasi wisata bahari Pulau Maratua bagi para penyelam yang mengagumi dunia lain di bawah laut bak seperti serpihan surga yang jatuh dari langit. Namun, kalau Anda belum mendapat sertifikat diving (menyelam), Anda bisa mencoba snorkeling di laut lepas.

Untuk snorkeling, waktu terbaiknya adalah waktu sore hari menjelang senja. Pada waktu tersebut, biasanya penyu akan berenang ke arah dermaga dan jika beruntung bisa bertemu ikan pari juga. Siapkan kamera underwater agar tidak melewatkan momen seru.

Bagi wisatawan yang enggan ataupun takut untuk menyelam, bisa juga menikmati indah dan sejuknya suasana senja di pantai Pulau Maratua ini. Bersantai di bibir pantai pada sore hari sambil menikmati es kelapa muda adalah hal yang wajib untuk dicoba jika berkunjung ke sini.

Momen terbaik saat berlibur ke pulau ini adalah dengan mendokumentasikan momen kebahagiaan tersebut dengan berfoto, hal ini sudah menjadi hal yang wajib dalam kunjungan wisata. Apalagi di tempat dengan pemandangan eksotis seperti di Pulau Maratua ini.

Nah, tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu tempat tetapi tidak mencicipi kuliner lokalnya. Pulau Maratua yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya ini memiliki kuliner yang bikin ngiler.

Seperti menu makanan khas Kalimantan Timur, di antaranya sate payau, nasi bekepor, gence ruan, ayam cincane, sambal raja, yang menjadi favorit wisatawan.

Salah satu yang paling terkenal yaitu gence ruan, ini merupakan olahan ikan gabus atau yang biasa disebut oleh ikan haruan oleh warga setempat. Ikan ini dibakar menggunakan bumbu tumis yang banyak di atas bara api.

Demikian tentang wilayah nan eksotis, Pulau Maratua, yang berada di Kabupaten Berau. Sebuah destinasi wisata bahari yang patut Anda kunjungi. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment