Pesona Biduk Biduk, Surga Lain di Kepulauan Derawan Berau

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Kepulauan Derawan adalah gugusan pulau di Kabupaten Berau dan meliputi tiga kecamatan yang keindahannya bak surga. Kecamatan yang dimaksud adalah Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Biduk.

Persis dengan wilayah lain di Kepulauan Derawan Berau, Kecamatan Biduk Biduk juga menyimpan keindahan yang seperti tiada habis. Selain potensi alam yang besar, budayanya juga sangat menarik.

Ya, Biduk Biduk di Kepulauan Derawan juga menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Berau. Di kecamatan ini sangat banyak tempat yang dijadikan objek wisata.

Melansir jadesta.kemenparekraf.go.id dan indonesiakaya.com, Rabu (18/10/2023), Biduk Biduk adalah jenis kampung pantai atau pesisir atau kepulauan. Meski begitu, menariknya, 70 persen warganya bermata pencaharian sebagai petani.

Yang jelas, kecamatan ini menjadi destinasi wisata bahari yang layak untuk dikunjungi. Sangat banyak ikon wisata yang bisa jadi pilihan. Sebut saja Labuhan Cermin yang sudah sangat terkenal itu.

Selain itu ada Pantai Biduk Biduk, Pantai Bangkuduan, Pantai Batu Dua, Pantai Gusung Dampelang, Pantai Bual-bual, Pantai Batu Berdiri, dan sebagainya.

Ada juga Danau Sigending dan Gua Sigending, Gua Mahligai, Sei Serai, Sungai Asam, serta Air Terjun Bidadari. Tidak ketinggalan Dermaga Teluk Sulaiman pun Pulau Kaniungan Besar sekaligus Pulau Kaniungan Kecil.

Daftar ini tentu saja tidak lengkap. Artinya, potensi atau pesona Biduk Biduk masih cukup banyak. Resort-resort yang ada di Teluk Sumbang adalah kelebihan lainnya.

Ambil satu contoh, sebut saja Pantai Biduk Biduk. Pantai ini memiliki pasir putih dengan air laut yang biru jernih. Suasananya masih sangat asri dan masih jarang pula orang berkunjung.

Bila beruntung, saat mengunjungi pantai ini, akan terasa seperti pantai pribadi. Meski sepi, masih bisa ditemukan beberapa warung yang menjual makanan, sehingga pengunjung akan aman dari rasa lapar.

Pasir putih Biduk-Biduk berasal dari terumbu-terumbu karang, saat berjalan di pesisir pantai ini sebaiknya menggunakan alas kaki berupa sendal agar bebas bergerak namun kaki tetap terlindungi.

Dari Pantai Biduk-Biduk, pengunjung bisa menikmati langsung pemandangan laut Sulawesi dan semilir angin yang menyejukan. Jajaran pohon kelapa di sepanjang pesisir pantai pun membuat betah tiap pengunjung yang datang.

Cuaca di Pantai Biduk-Biduk inipun termasuk tidak terlalu ekstrem. Saat siang pengunjung tidak akan terlalu merasakan terik, saat malam tidak akan merasa terlalu dingin.

Selain menikmati panorama alam yang indah dan menengkan, beberapa hal yang bisa dilakukan di Pantai Biduk-Biduk ini adalah menaiki sampan, bermain air dan berkemah di tepian pantai.

Sebagai informasi, jarak Biduk Biduk ke Tanjung Redeb, ibu kota Kabupaten Berau adalah sekitar 280 km atau dapat ditempuh selama 7 jam perjalanan darat dengan menggunakan mobil atau sepeda motor.

Demikian soal beagam destinasi wisata di Kecamatan Biduk Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sebuah wilayah yang masuk dalam gugusan Kepulauan Derawan. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment