Datangi Biduk Biduk Belum Lengkap kalau Tidak ke Labuan Cermin: Danau Berisi Ikan Air Tawar dan Ikan Laut

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Nama Labuan Cermin sudah sangat dikenal dalam dunia parawisata. Bagaimana tidak, danau di Kecamatan Biduk Biduk ini sangat unik, selain sangat bening, air di danau inimemiliki dua rasa.

Itulah sebab, banyak yang menyebut Labuan Cermin Biduk Biduk ini dengan nama Danau Dua Rasa. Ini karena danau tersebut mengandung air tawar dan air asin sekaligus.

Air tawar menempati posisi bagian dasar danau yang berada di Biduk Biduk ini. Sementara bagian permukaan Labuan Cermin, jika dicicipi maka berasa asin seperti air laut.

Melansir indonesiakaya.com, Rabu (18/10/2023), Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk Biduk, Kabupaten Berau.

Jarak yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat dari Tanjung Redeb, ibukota Kabupaten Berau, sekitar 6 sampai 7 jam. Meski perjalanan cukup jauh, rasa lelah akan segera terobati begitu melihat keindahan alam yang ada.

Ya, Danau Labuan Cermin memiliki air yang sangat jernih dan bening, bahkan dasar dari danau yang berupa pasir laut bisa terlihat dengan jelas. Itulah kenapa diberi nama Labuan Cermin, lapisan pada danau membuat cahaya matahari memantul.

Hal tini terjadi karena Labuan Cermin memiliki rasa asin yang akan terasa bila kita mengecap air dari permukaan danau, sementara air di dasar danau akan terasa tawar.

Dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki sebuah lapisan pemisah sehingga air dapat memantul. Namun, meski terlihat dangkal, harus tetap waspada karena kedalaman danau ini sebenarnya mencapai 4 hingga 5 meter.

Pemandangan di sekitar Danau Labuan Cermin sangat menenangkan. Dikelilingi pepohonan rimbun yang membuat suasana sangat teduh, sehingga sangat tepat dijadikan tujuan wisata.

Saat berada di Labuan Cermin, pengunjung dapat melakukan aktivitas berenang, snorkeling dan juga menyelam. Akan terlihat beberapa ikan yang berenang tidak jauh dari permukaan dan ada pula yang jauh di dasarnya.

Rasa dari air yang berbeda menyebabkan ikan-ikan terpisah. Ini dapat mempermudah membedakan mana jenis ikan air tawar dan yang mana ikan air laut.

Sebelum menuju ke Labuan Cermin, jangan lupa persiapkan alat snorkeling sendiri atau bagi yang lupa membawanya tidak usah khawatir. Di dermaga tempat penyebrangan terdapat toko penyewaan alat snorkeling beserta pelampungnya.

Bagi yang ingin sekadar bermain air dan bersantai ria di atas ban, di Labuan Cermin pun tersedia penyewaan ban dalam mobil bahkan perahu air yang memiliki kaca transparan di bawahnya.

Untuk penginapan dapat didapatkan di sekitar Biduk-Biduk dengan harga penginapan yang beragam, yaitu mulai dari seratus ribu rupiah hingga tiga ratus ribu rupiah per malamnya.

Jadi, bagi pengunjung yang hendak plesiran ke Pulau Derawan dan Maratua atau destinaasi lain di Kepulauan Derawan, tak ada ruginya untuk turut memasukkan Labuan Cermin.

Apalagi jika mengunjungi Kecamatan Biduk Biduk, maka tak lengkap seandainya melepas kesempatan ntuk menikmati keindahan Labuan Cermin, danau bening yang memiliki air tawar dan air asin sekaligus. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment