Lembut dan Lumer Resep Strawberry Cake Orange Marmalade: Dessert Manis, Penghilang Stres!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Salah satu bahan dessert yang paling diburu umumnya berbahan coklat dan strawberry. Nah, kali ini mimin akan fokus untuk menyajikan resep Strawberry Cake Orange Marmalade yang manis dan lembut.

Bgai kalian pecinta kuliner dessert berbahan buah merah ini, resep Strawberry Cake Orange Marmalade pastinya akan cocok dengan selera kamu.

Mimin menantang kamu untuk mencoba membuat Strawberry Cake Orange Marmalade lembut dan lumer saat masuk ke mulut. Berani?

Langsung saja kita lihat apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat strawberry cake dan mendapatkan tekstur lumer. Yuk cek di sini.

Bahan

8 Porsi
3 butir telur ayam
180 g gula pasir berbutir halus
150 ml minyak
150 ml susu cair atau susu kedelai
250 g stroberi, buang daunnya

Bahan kering, ayak bersama

325 g tepung terigu
2 sdt baking powder

Selai orange marmalade

2 buah jeruk navel
5 sdm gula pasir
200 ml Buavita Orange
3 g jeli bubuk

Cara membuat

Orange marmalade: Dengan bantuan parutan keju, parut kulit jeruk hanya dibagian permukaannya saja (kulit berwarna oranye). Hindari menyertakan bagian putih karena akan membuat selai terasa pahit. Sisihkan untuk dimasukkan ke dalam adonan.

Kupas jeruk, ambil bagian bulir jeruk menggunakan pisau kecil.

Masak bulir jeruk, gula pasir, dan Buavita Orange di atas api kecil hingga mendidih dan jeruk hancur atau setengah mengental.

Masukkan jeli bubuk, aduk terus hingga mengental. Angkat. Sisihkan.

Panaskan oven pada suhu 180° C. Sisihkan.

Kocok gula dan telur hingga mengembang selama 5 menit menggunakan mikser kecepatan tinggi. Tuang susu bergantian bersama adonan kering sambil terus dikocok menggunakan mikser kecepatan rendah hingga rata.

Tambahkan minyak, kocok sebentar hingga rata. Pastikan minyak tercampur rata dengan seluruh adonan. Matikan mikser. Tambahkan kulit jeruk parut, aduk rata.

Tuang adonan ke dalam loyang persegi 20×20 cm yang sudah dialasi dengan baking paper. Tata stroberi ke atas adonan.

Panggang dalam oven panas selama 50 menit atau hingga matang. Keluarkan. Biarkan hingga tidak panas. Sisihkan.

Masukkan selai orange marmalade ke dalam kantung plastik segitiga. Gunting bagian ujungnya. Hiasi cake dengan orange marmalade. Potong-potong dan sajikan.

Untuk tipsnya agar Strawberry Cake Orange Marmalade anti gagal seperti dikutip masakapahariini.com, kamu bisa cek di sini juga

Pilih stroberi segar ketimbang beku. Buah stroberi dalam keadaan beku mengandung lebih banyak air dan dapat membuat cake cenderung basah saat matang.

Untuk kamu yang alergi dengan produk dairy atau sedang diet susu, subtitusi susu cair dengan susu kedelai atau susu almond.

Tuang susu cair dan bahan kering secara bergantian untuk memudahkan proses pencampuran adonan yang rata.

Panaskan oven terlebih dahulu sebelum cake dipanggang. Adonan cake yang dipanggang dengan suhu panas secara tiba-tiba akan mengembang secara maksimal dan warna cake lebih merata.

Bila ingin ukuran cake yang bisa disantap individual, kamu bisa menggunakan cetakan cupcake untuk memanggang.

Yuk, cobain resep strawberry cake orange marmalade ini untuk dessert weekend nanti! Pastikan menggunakan stroberi segar!

Untuk resep bernuansa buah-buahan lainnya dari Buavita, coba juga resep popsicle rainbow, panna cotta jeruk, atau sorbet jeruk mangga tanpa mesin es krim yang rasanya seperti sorbet buah di cafe.

Selamat mencoba. (wti)****

Leave a comment