Mendekati Pemilu 2024, Alfian: Optimalisasi Anggaran dan Netralitas ASN Kalbar

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Memasuki Triwulan terakhir Tahun Anggaran 2023 dan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) telah ditetapkan.

"Hal itu memerlukan upaya maksimal dalam pencapaian pelaksanaan kegiatan dan anggaran tahun anggaran 2023," ungkap Asisten III Pemprov Kalbar, Alfian saat memimpin apel awal bulan yang diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Setda Provinsi Kalimantan Barat di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat pada Senin, (6/11/2023)

Alfian menyampaikan bahwa dengan tetap menjunjung aspek efisiensi dan akuntabilitas terhadap Pengelolaan Keuangan Daerah.

Tujuannya adalah untuk memastikan tidak ada kendala atau masalah selama pemeriksaan, serta mencapai capaian optimal dalam pelaksanaan APBD 2023, sebagaimana tercapai pada Tahun 2022.

"Capaian optimal terhadap pelaksanaan APBD 2023 ini, benar benar dapat kita raih, kita maksimalkan sehingga mudah - mudahan prestasi capaian realisasi APBD sebagaimana prestasi yang telah diperoleh di tahun 2022 yang lalu bisa kita capai kembali," ungkap Alfian.

Alfian juga menyoroti arahan dari Presiden, terkait dengan netralitas ASN dalam rangka Pemilu dan Pilkada serentak 2024. Ia mengingatkan ASN untuk menjaga netralitas dalam kehidupan sehari - hari, baik di lingkungan kantor maupun di masyarakat.

Terdapat edaran untuk berhati - hati dalam menggunakan Media Sosial, terutama terkait dengan foto bersama, dan menghindari tindakan yang dapat merusak netralitas ASN.

Terkait dengan netralitas ASN, kita bersama telah mengucapkan Ikrar netralitas ASN dalam rangka Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

"Mari kita ingat kembali untuk laksanakan netralitas kita sebagai ASN dan karenanya mari kita senantiasa menjaga netralitas itu dalam kondisi kehidupan kita, baik dalam lingkungan kantor maupun di lingkungan masyarakat" terangnya.

Dalam kesempatan ini, semua ASN di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat untuk tetap menjaga kebersihan di lingkungan Kantor Gubernur, terutama di Biro Unit Kerja masing - masing.

Hal ini termasuk pemilahan dan pembuangan sampah dengan benar agar tidak menciptakan ketidaknyamanan di lingkungan kerja.

Alfian juga mendorong semua ASN untuk tetap menjaga semangat kerja dan kinerja terbaik mereka untuk mendukung Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Prestasi yang telah dicapai selama ini adalah hasil kerja bersama di bawah komando pimpinan, termasuk Gubernur, Penjabat Gubernur, Sekretaris Daerah dan seluruh Pimpinan Unit Kerja di lingkungan Pemerintah Provinsi.

"Mari kita tetap menjaga semangat  kerja kita, Agar apa yang kita lakukan benar benar dapat menghasilkan kinerja terbaik untuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sebagaimana yang selama ini telah kita capai dengan sebaik baiknya, mari kita pertahankan prestasi pemerintah Provinsi Kalimantan Barat," paparnya.

Ia menambahkan, pesan pentingnya adalah membangun kebersamaan, sinergi, dan kolaborasi dalam bekerja sehingga setiap persoalan dapat diselesaikan dengan baik.

"Dengan kerja bersama, berbagai tantangan dapat diatasi dengan mudah, dan hasilnya diharapkan maksimal," pungkasnya. ***

Leave a comment