Pj Bupati Kayong Utara Bangga Durian Bujang Setile Juara 1 Festival Buah se-Kalbar

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Durian Bujang Setile dari Desa Matan Jaya, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, juara 1 pada kegiatan festival buah dan florikultura se-Kalbar yang berlangsung di lapangan parkir Mega Mall, Pontianak, Jumat (17/11/2023).

Pj Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya turut bangga. Baginya, raihan ini membuktikan kualitas buah lokal Kayong Utara tak kalah hebat dengan buah dari luar.

Ia pun berharap, komoditas durian jenis ini terus bisa dikembangkan sehingga memberikan dampak peningkatan ekonomi masyarakat secara luas.

"Yang kita ketahui, juga jenis durian yang disebut bujang setile ini masuk kategori jumlahnya sedikit bahkan langka. Sehingga ke depan pemerintah daerah mendorong pengembangannya," kata Romi Wijaya.

Ia turut mengapresiasi event festival buah yang digagas Dinas Tananman Pangan dan Holtikultura Kalbar ini.

Menurutnya, festival tersebut menjadi ajang memberikan ruang bagi para petani untuk promosi buah lokal Kalbar.

"Festival memang salah satu ajang memberikan ruang bagi para petani dalam rangka promosi bahwa kita ada produk yang berkategori unggulan dan memiliki ekonomi yang baik," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kayong Utara, Maluru menambahkan, dengan berhasilnya meraih juara, maka pemerintah daerah mendapatkan dukungan dari Kementrian Pertanian untuk pengembangan komoditi durian ini.

"Kementrian Pertanian akan membantu mengembangkan komoditas durian bujang setile ini dengan luasan lebih kurang 50 hektare, itu mulai dari pengadaan bibit dan segala macam itu didukung oleh pemerintah pusat," katanya.***

Leave a comment