Ragam Jenis Layanan Media Sosial yang Perlu Anda Ketahui

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Nyatanya media sosial terdiri dari ragam jenis. Setiap jenis memiliki layanan yang berbeda, baik dilihat secara pengguna maupun fungsinya.

Artinya, tidak bisa disamaratakan semua jenis media sosial. Ada media sosial yang khusus memberikan layanan blog, ada juga yang berupa forum.

Begitupun, jenis layanan media sosial pada intinya tetap menjadi alat komunikasi yang bisa menghubungkan individu dengan yang lainnya tanpa terikat waktu dan tempat.

Melansir gramedia.com, Rabu (29/11/2023), kebutuhan yang tinggi, menjadikan banyak media sosial baru yang bermunculan dan bersaing menarik minat dan perhatian dari para pengguna.

Perkembangan media sosial juga sangat cepat, banyak platform media sosial yang dulu sangat diminati, sekarang perlahan telah menghilang, atau diakuisisi oleh pihak yang lebih besar.

Nah, berikut ini adalah berbagai layanan dan jenis media sosial yang sangat populer:

  1. Layanan Blog
    Layanan blog pada dasarnya dapat dipahami sebagai jurnal pribadi yang ada internet. Salah satu jenis media sosial ini memiliki fungsi untuk membagikan catatan atau pandangan penggunanya tentang berbagai isu tertentu.

Pengguna media sosial jenis ini biasanya disebut sebagai narablog atau blogger. Contoh media sosial layanan blog yaitu seperti WordPress dan Blogger.

  1. Layanan Jejaring Sosial (Social Network)
    Layanan jejaring sosial atau biasa disebut juga dengan social networks merupakan salah satu jenis media sosial yang paling banyak digunakan masyarakat di berbagai belahan dunia saat ini.

Salah satu jenis media sosial ini memiliki fungsi sebagai tempat berkumpulnya banyak orang untuk saling bersosialisasi.

Dalam layanan ini, pengguna biasanya saling mengirim pesan, informasi, foto, hingga video. Contoh media sosial layanan jejaring sosial adalah Facebook dan Linkedin.

  1. Layanan Blog Mikro (Microblogging)
    Jenis media sosial berikutnya adalah layanan blog mikro atau biasa disebut juga dengan microblogging. Meskipun memiliki layanan dan kegunaan yang hampir sama dengan blog, tetapi jenis media sosial ini menyajikan halaman yang lebih ringkas.

Hal ini membuat layanan mikro blog memiliki kecepatan yang lebih baik dibandingkan layanan blog. Salah satu contoh layanan blog mikro adalah Twitter.

  1. Layanan Berbagi Media (Media Sharing)
    Jenis media sosial selanjutnya adalah layanan berbagi media atau biasa disebut juga dengan media sharing. Anda bisa menyebut YouTube atau Soundcloud dalam bagian ini.

Ya, jenis media sosial ini pada dasarnya memang memiliki fokus utama untuk membuat penggunanya saling berbagi konten media seperti foto, audio, atau video.

Selain YouTube atau Soundcloud, contoh lain dari layanan berbagi media ini adalah Instagram, Flickr, dan lain sebagainya.

  1. Layanan Kolaborasi
    Layanan kolaborasi ini digunakan untuk membuat pengguna saling mengajak pengguna yang lain untuk menciptakan suatu kontribusi.

Tidak hanya mengajak, dalam layanan kolaborasi ini, pengguna biasanya diperbolehkan untuk membuat konten sekaligus melakukan koreksi terhadap isi konten dari ‘anggota’ dari situs tersebut.

Salah satu contoh layanan kontribusi yang paling populer saat ini adalah Wikipedia. Wikipedia merupakan sebuah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang dioperasikan secara bebas dan terbuka.

Layanan kontribusi ini dijalankan oleh Wikimedia Foundation, yang merupakan salah satu organisasi nirlaba yang terletak di Florida, Amerika Serikat.

  1. Layanan Forum
    layanan forum ini dapat dikatakan sebagai salah satu jenis media sosial yang telah lama muncul dan dikenal luas sejak lama.

Layanan forum sendiri dapat digunakan pengguna sebagai tempat untuk membincangkan berbagai hal atau topik secara spesifik bersama pengguna lain dalam suatu ruang diskusi. Contoh media sosial layanan forum yaitu Kaskus, Quora, dan lain sebagainya.

Demikian beberapa jenis layanan media sosial. Semoga bermanfaat.(Adelina). ***

Leave a comment