Trik Khusus Dokumen di Google Docs Tidak Bisa Diedit oleh Orang Lain: Ampuh Tekan Pemalsuan File

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Pemalsuan file kerap terjadi dan membuat kesal pemilik asli. Agar menanggulangi hal tersebut, terdapat trik khusus dokumen di Google Docs (GDocs) tidak dapat diedit oleh orang lain.

Pada pembahasan yang terangkum pada trik khusus dokumen di Google Docs tidak dapat diedit oleh orang lain, kamu dapat mengamankan file milikmu ketika hendak disebarkan ke banyak orang. Mereka sudah tidak mendapat akses untuk mengutak-atiknya.

Melihat kelebihannya itu, rasanya perlu bagi kamu mengetahui trik khusus dokumen di Google Docs tidak dapat diedit oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan catatan, kamu harus mengikuti setiap langkah yang diberikan dengan benar.

Bagi pengguna elektronik, penggunaan aplikasi Google Docs menjadi opsi pengetikan yang cukup diminati. Pasalnya, terdapat kelebihan tersendiri yang bisa dinikmati padanya dan tidak dapat ditemukan di platform lain.

Salah satu contohnya adalah mengirim dokumen berupa bentuk sebuah tautan. Sayangnya, tautan pada GDocs ini masih tidak aman bila jatuh ke tangan orang yang salah.

Dengan kata lain, mereka masih saja memiliki akses untuk mengutak-atik isi dokumen penting yang dikirimkan. Akibatnya, banyak aksi penipuan juga terjadi melalui platform pengetikan tersebut.

Bila tidak segera ditangani dengan benar, kamu juga bisa saja menjadi korban. Supaya tidak menjadi sasaran empuk, semestinya kamu harus memberikan akses terbatas kepada orang lain ketika dokumen tersebut dikirimkan.

Melalui pembatasan tersebut, pengguna lain yang berhasil memiliki akses berupa tautan dokumen tersebut tidak dapat mengedit sesuka hati. Jadi, mereka hanya bisa melihat atau memberikan komentar saja.

Penasaran dengan cara atau trik khusus dokumen di Google Docs tidak bisa diedit, simaklah uraian berikut ini dengan seksama.

Cara Amankan Dokumen GDocs Agar Tidak Dapat Diedit.

Sebelum melakukannya, langkah pertama yang harus ditempuh yakni dengan menginstal aplikasi GDocs pada smartphone atau PC.

Setelah itu, kamu baru dapat melakukan pembatasan penyuntingan dengan langkah di bawah ini:

  1. Instal aplikasi Google Docs di perangkat.
  2. Buka aplikasi Google Docs yang sudah terpasang.
  3. Setelah itu, kamu diminta untuk masuk dengan akun Google yang telah dimiliki.
  4. Buatlah jenis dokumen yang hendak dibatasi.
  5. Pada pojok kanan, klik ikon titik tiga.
  6. Kemudian silahkan akses ke menu 'Share'.
  7. Langkah selanjutnya yakni ketuk opsi 'Restricted'.
  8. Geser layar ke bawah dan klik fitur yang bertajuk 'Anyone with Link'.
  9. Di fitur pojok, silahkan aktifkan mode 'Viewer'.
  10. Dengan demikian, dokumen hanya bisa dilihat oleh orang lain saja tanpa bisa melakukan perubahan.

Meski bentuk dokumen sudah bersifat permanen, aias tidak dapat disunting oleh orang lain, mereka hanya dapat memberikan komentar berupa catatan di pinggir saja.

Demikianlah pembahasan mengenai trik khusus dokumen di Google Docs tidak dapat diedit oleh pihak ketiga. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment