Gibran Optimis Indonesia Rajai Energi Hijau Dunia

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Cawapres Koalisi Indonesia Maju, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan visi dan misi membangun Indonesia ke depan. Salah satunya menjadikan Indonesia sebagai raja energi hijau dunia.

Gibran mengatakan, Indonesia adalah negara besar. Karena itu, bangsa ini harus mampu keluar dari middle-income trap atau modal asing.

"Kuncinya harus mampu menaikkan nilai tambah dalam negeri," kata Gibran Rakabuming Raka, saat debat Cawapres yang digelar KPU Jumat (22/12/2023).

Adapun tema yang diangkat adalah ekonomi, kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, serta infrastruktur dan perkotaan.

Gibran bersyukur di tengah ancaman resesi dunia, pertumbuhan ekonomi Indonesia stabil. Bahkan, dapat menurunkan angka pengangguran.

Adapun salah satu strategi yang dilakukan untuk Indonesia menjadi raja energi hijau dengan terus mengembangkan biodiesel, bioavtur dari sawit, bioetanol dari tebu sekaligus kemandirian gula.

Menurut Gibran untuk menuju Indonesia emas 2045, butuh generasi emas. Ia mengatakan, Indonesia harus mampu mengubah tantangan menjadi peluang.

Gibran kedepan ingin menyiapkan generasi muda yang ahli kecerdasan buatan atau artificial intelligence atau AI.

"Anak-anak muda ahli blockchain, anak-anak muda ahli robotik, anak-anak muda ahli perbankan syariah, anak-anak muda ahli kripto," pungkasnya. (andi)***

Leave a comment