Atasi Banjir, Dewan Kalbar Syarif Amin Desak Pemerintah Keruk DAS

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Wakil Ketua DPRD Kalbar, Syarif Amin Muhammad menyoroti persoalan banjir di Kalbar.

Ia menyebut, salah satu penyebab banjir karena pendangkalan daerah aliran sungai atau DAS. Karena itu, ia mendorong Balai Wilayah Sungai Kalimantan memprogramkan pengerukan DAS ini.

Legislator NasDem ini menegaskan, pengerukan DAS mestinya jadi prioritas pemerintah. Sebab, sudah diketahui bersama pendangkalan sungai menjadi salah satu pemicu banjir.

"Dengan adanya balai di Kalbar, harusnya mereka berpikir bagaimana Kalbar tidak banjir. Caranya dengan melakukan pengerukan sungai," kata Amin, Selasa (15/1/2024).

Karena itu, ia meminta instansi terkait berinovasi. Termasuk misalnya dengan meminta bantuan pengadaan kapal keruk yang stand by di Sungai Kapuas. Sebab, hadirnya kapal keruk, maka secara rutin aktivitas pengerukan di Sungai Kapuas dapat dilakukan bipa diperlukan.

Di sisi lain, ia juga mengeritik perusahan di Kalimantan Barat yang dinilai masih acuh terhadap persoalan bencana di Kalbar.

Padahal, seharusnya dana CSR (Corporate Sistem Responsibility) yang mereka punya bisa dialokasikan untuk penanganan bencana.

"Perusahaan komitmen kurang. Mau dimarahi baru peduli, padahal mereka cari rezeki di sini. Harusnya peduli dengan lingkungan," kesalnya.

Amin juga mendorong perusahaan lebih peduli terhadap kondisi yang dirasakan masyarakat terdampak bencana. Harus ada kepekaan sosial.(andi)***

Leave a comment