Gurih, Kenyal dan Bergizi Tinggi: Udang Asam Garam Khas Pontianak yang Bikin Nambah Nasi!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Gigitan pertama kamu akan merasakan kenyal dengan rasa laut yang kental tapi bukan amis tapi segar. Ada juga rasa gurih di lidah. Itu akan kamu nikmati ketika kamu menyantap hidangan laut, terutama udang.

Udang asam garam khas Pontianak makananan yang cukup populer tak hanya di Kota Pontianak saja tapi hampir di seluruh daerah di Indonesia menikmati kuliner laut satu ini.

Berikut mimin akan bagikan dari mulai resep, cara membuat hingga bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan begitu juga saran pengajian yang akan mimin bagikan.

Nah, memang tak lengkap rasanya jika hidangan di atas meja tak ada menu berbuau laut, nah salah satunya udang asam garam khas Pontianak.

Hidangan khas yang bisa disajikan kapan dan dimanapun , baik singa atau malam hari. Yuk kita membuat udang asam garam khas Pontianak dengan bahan yang ada dan pastinya enak.

Rasanya tak sulit kok membuat resep udang asam garam khas Pontianak yang khas ini. Kamu hanya harus menyiapkan sejumlah bahan yang dibutuhkan.

Bisa dibilang masyarakat Kota Pontianak penikmat makanan apapun, termasuk kuliner laut seperti udang asam garam khas Pontianak.

Udang asam garam sudah bukan makanan aisng bagi warga Kota Pontianak. Umumnya, masyarakat Pontianak menyukai makanan laut atau seefood.

Bisa kamu lihat banyak rumah makan, restoran hingga warung kaki lima menyajikan menu makanan laut, salah satunya udang asam garam khas Pontianak.

Yuk kita langsung coba membuat udang asam garam khas Pontianak yang pastinya mimin merekomendasikan untuk santap siang apalagi malam.

Berikut resep udang asam garam khas Pontianak:

Bahan-bahan
35 menit
3 Porsi
500 gr udang galah

Bumbu halus:
10 buah bawang merah
4 siung bawang putih
4 buah kemiri
4 buah cabe kering
2 sdt ketumbar sangrai
1 ruas kunyit
1 batang serai, ambil bagian putih
1 sdm gula merah/secukupnya
Secukupnya garam,
Secukupnya Limau sambal/jeruk kalamansi
Cara Membuat

Langkah 1

Siangi udang,belah punggung nya dan buang bagian hitamnya, beri perasan jeruk.

Langkah 2
Marinasi udang dengan bumbu halus biarkan dikulkas hingga 1 jam.

Langkah 3
Tuang udang didalam kuali, sambil di aduk hingga kuah menyusut. tambahkan garam gula sesuai selera dan secukupnya minyak goreng.

Langkah 4
Masak hingga matang. Tunggu berapa waktu dan matang juga menu satu ini.

Selamat mencoba bagi kalian yang penasaran dengan menu udang asam garam khas Pontianak satu ini. Tak lengkap rasanya tanpa dihadirkan untuk keluarga tercinta yaa. Yuk kita berkreasi. (REDAKSI)

Leave a comment