Siapkan Generasi Unggul di Dunia Kerja, SMKN 6 Pontianak Gelar UKK

24 April 2024 21:41 WIB
Siswa jurusan bidang multimedia membuat desain poster sebagai ujian Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Pontianak, Rabu (24/4/2025). (insidepontianak.com/greg)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK Negeri 6 Kota Pontianak menggelar kegiatan Uji Kompetensi Keahlian atau UKK untuk menyiapkan generasi yang unggul dalam dunia kerja.

Sebab, UKK merupakan ujian yang dilakukan untuk menilai kemampuan siswa dalam bidang keahlian tertentu. Di mana ujian tersebut akan menjadi tolak ukur siswa sebelum memasuki dunia kerja.

Sebagaimana diketahui, SMKN 6 Pontianak menggelar UKK untuk seluruh bidang jurusan, yaitu Kriya Keramik, Kriya kayu, Kriya Logam, Kriya Tekstil dan Multimedia.

Kepala SMKN 6 Pontianak, Veny Lestari mengatakan penggelaran UKK akan dilaksanakan selama seminggu, pada, Kamis (18/4/2024) hingga Rabu (24/4/2025).

“Ada beberapa unit soal yang mereka harus pilih dan kerjakan untuk menjadikan hasil karya,” kata Veny, Rabu (24/4/2024).

Setelah gelar UKK usai, siswa wajib mengumpulkan hasil karya yang telah dibuatnya. Dan akan diberikan penilaian dari guru-guru yang mengajar.

Menurutnya, dengan digelarnya UKK ini akan menambahkan keahlian dan keterampilan siswa dalam membuat hasil karya.

“Kami harap setelah siswa lulus dari SMKN 6 Pontianak akan menjadi generasi yang unggul dan siap untuk bersaing di dunia kerja,” sambungnya.

Sementara itu, Veny merasa bangga dengan kehadiran SMKN 6 Pontianak. Karena, SMKN 6 Pontianak merupakan satu-satunya Sekolah seni yang ada di Kalimantan Barat.

“Jadi, untuk semua aktivitas-aktivitas seni itu adanya di SMKN 6 Pontianak,” ujarnya.

Maka dari itu, ia menegaskan bagi yang ingin bergabung di SMKN 6 Pontianak, tak perlu lagi ada keraguan. Karena, SMKN 6 Pontianak sudah terbukti menciptakan generasi unggul dalam dunia kerja. (greg)

Leave a comment