Kakanwil Kemenag Kalbar Apresiasi MAN Insan Cedikia Sambas Ciptakan Generasi Berprestasi dan Agamis

13 Mei 2024 14:23 WIB
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Muhajirin Yanis. (Istimawa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Muhajirin Yanis turut mengapresiasi kiprah MAN Insan Cendikia Sambas, yang telah melahirkan generasi penghafal quran dan berprestasi di bidang akademik.

Terbukti, beberapa lulusan MAN Insan Cendikia Sambas, berhasil menempuh perguruan tinggi di luar negeri.

"Bahkan, alumni MAN Insan Cendekia itu ada yang kuliah di Amerika, Inggris, Jepang, hingga Timur Tengah," kata Muhajirin, dalam sambutannya di acara pengukuhan tahfiz quran dan pengantar studi siswa kelas XII MAN Insan Cendikia Sambas, Minggu (12/5/2024).

Atas prestasi itu, ia pun mengaku ikut bangga terhadap generasi muda di Kabupaten Sambas yang diyakini menjadi cikal bakal generasi emas.

Adapun acara pengukuhan tahfiz quran dan pengantar studi siswa kelas XII MAN Insan Cendikia Sambas turut dirangkai dengan launching dua buku berjudul: Book Chapter tentang Moderasi Beragama, dan Rihlah Ilmiah: Kumpulan Laporan Kegiatan P5RA Siswa Manic Sambas.”

Kepala Sekolah MAN Insan Cendikia Sambas Mursidin mengatakan, dua buku ini menggambarkan betapa budaya ilmiah dengan pengembangan literasi sangat dominan di madrasah unggulan berasrama ini.

“Prestasi angkatan VI yang disebut Centravaldha ini telah menorehkan prestasi yang membanggakan lebih dari 600-an penghargaan. Semua siswa yang lulus ini memiliki hafalan minimal 3 juz dan membuat karya tulis ilmiah,” pungkasnya. (Nia)***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar