Pengawasan PLBN Entikong-Malaysia Diperketat, TNI-Brimob Siagakan Anjing Pelacak

2 Juni 2024 09:12 WIB
Prajurit Satgas Pamtas bersama personil Brimob Polda Kalimantan Barat menurunkan anjing pelacak memperketat pengawasan di pintu batas Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong perbatasan Indonesia-Malaysia, di wilayah Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Penrem 121/Abw (Antara) )

ENTIKONG, insidepontianak.com - Pengamanan pintu masuk Pos Lintas Batas Negara (PLBN) RI-Malaysia di Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan diperketat. 

Satgas Pamtas Yonarmed 16/TK bersama Brimob Polda Kalbar pun menyiagakan anjing pelacak untuk mencegah penyelundupan barang ilegal. 

"Diturunkannya anjing pelacak dari Tim K-9 Brimob Polda Kalbar itu untuk memperketat pengawasan di pintu batas terutama mengantisipasi barang-barang ilegal salah satunya narkoba," kata Prajurit Satgas Pamtas Yonarmed 16/TK Pos Kotis Gabma Entikong Serda Hendri, mengutip Antara. 

Hendri mengatakan, dengan sinergisitas antara TNI dan Polri tersebut, akan memperkuat pengamanan perbatasan dari segala bentuk tindak kejahatan dan pelanggaran di pintu keluar masuk PLBN.

Menurutnya, masing-masing pelintas bersama barang bawaannya dilakukan pemeriksaan secara ketat baik oleh petugas perbatasan maupun menggunakan anjing pelacak.

Hendri menjelaskan, dengan adanya anjing pelacak tersebut mempermudah pengawasan yang tidak terjangkau oleh petugas, apalagi sepanjang daerah perbatasan rawan terjadi tindak kejahatan terutama penyeludupan barang ilegal, perdagangan orang serta peredaran narkoba.

"Terwujudnya sinergisitas aparat dan petugas akan memperkuat pengamanan di daerah perbatasan dalam mengawasi dan mempersempit ruang gerak pihak tertentu yang hendak melakukan pelanggaran," ucapnya.

Untuk diketahui, selain menurunkan anjing pelacak, Satgas Pamtas dan Brimob Polda Kalbar bersama petugas lainnya juga meningkatkan pengawasan di sejumlah jalur tidak resmi atau jalan tikus yang dianggap rawan dijadikan sebagai tempat praktek penyeludupan.

"Tentu kami juga berharap dukungan masyarakat agar dapat turut serta mengawasi dan memperkuat pengamanan di sepanjang jalur perbatasan," kata Hendri.***


Penulis : Antara
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar