Sosialisasi RAPERDA RTRW, Sekda Alexander Wilyo: Revisi Ini Harus  Selaras antar Daerah

5 Juni 2024 14:44 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak. com -  Sekda Ketapang Alexander Wilyo mewakili Bupati Ketapang berharap Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi bisa selaras dengan tiap wilayah atau daerah di Kalbar.  

Ini ia ungkapkan saat membuka kegiatan Sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (RAPERDA) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW),  di Aula Bapenda Ketapang, Selasa (04/06/2024).

Sekda yang membacakan sambutan tertulis Bupati mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat penting, karena Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi akan menjadi pedoman dalam melaksanakan pembangunan di wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

"Pemkab Ketapang tentu ingin Revisi RTRW Provinsi Kalbar ini dapat mendorong pengembangan wilayah. Meningkatkan keterpaduan antar sektor, serta meningkatkan keserasian antar kawasan," harapnya.

Selain itu lanjut Sekda, Pemkab Ketapang juga berharap dalam Revisi Rencana Tata Ruang wilayah Provinsi Kalimantan Barat ini dapat memperhatikan kebijakan-kebijakan yang menjadi bagian dari substansi pada RTRW Provinsi.

Baik itu kepastian batas wilayah, penetapan kawasan hutan, dan kebijakan-kebijakan lainnya yang merupakan kebijakan mendasar yang secara mutlak menjadi acuan di tingkat Kabupaten agar tidak menimbulkan konflik permasalahan dalam pemanfaatan ruang di kemudian hari.

"Setelah ditetapkannya RTRW Provinsi Kalimantan Barat ini, tentunya akan menjadi acuan bagi Kabupaten Ketapang dalam menyusun RTRW Kabupaten," jelasnya.

Mengingat pentingnya kegiatan ini bagi pembangunan Provinsi Kalimantan Barat serta Kabupaten Ketapang khususnya, diharapkan seluruh stakeholder yang menghadirkan kegiatan ini dapat saling bersinergi.

"Tentunya juga bisa berperan aktif untuk mendukung proses revisi RTRW Provinsi Kalimantan Barat ini," tutup Sekda.

Kegiatan ini, dihadiri anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, anggota DPRD Kabupaten Ketapang, Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ketapang, Tokoh Masyarakat dan lainnya. (Fauzi)


Penulis : M Fauzi
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar