UMKM Binaan PLN Raih Juara 2 UMKM Berprestasi di Kabupaten Kubu Raya

18 Juli 2024 15:53 WIB
Tampilan kemasan serundeng tradisional, produk unggulan dari UMKM Serundeng Tradisional 3 Dare

KUBU RAYA, insidepontianak.com – UMKM binaan PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) “Serundeng Tradisional 3 Dare” raih juara 2 dalam acara Ramah Tamah dalam Rangka Hari Ulang Tahun Kabupaten Kubu Raya ke-17 pada tanggal 17 Juli 2024 bertempat di Aula Kantor Bupati Kabupaten Kubu Raya. 

UMKM Serundeng Tradisional 3 Dare mendapatkan peringkat ke-2 UMKM berprestasi dari puluhan ribu UMKM yang terdaftar pelaku UMKM yang terdaftar di Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUMKPP) Kabupaten Kubu Raya per 31 Desember 2023 yakni 21.284 UMKM. 

"Jadi selamat kepada para juara berprestasi, dari sekian banyak UMKM, mereka telah berprestasi dalam mengelola usaha-nya. Hal ini juga saya harap menjadi dorongan dan motivasi bagi UMKM lain untuk terus berkembang menjadi lebih baik,” ungkap Kepala DKUKMPP, M. Norasari Arani. 

Penyeleksian UMKM berprestasi ini dilakukan oleh dewan juri dari DKUKMPP yang kemudian mendapatkan piagam penghargaan dari Bupati Kubu Raya,

Beberapa hal yang menjadi aspek penilaian UMKM berprestasi adalah konsistensi dalam menjalankan usaha serta kreatifitas dan inovasi yang dilakukan baik pada sisi marketing, produksi dan desain kemasan. 

"Bagi para pemenang UMKM berprestasi nantinya akan mendapatkan pogram tambahan salah satunya adalah pembinaan dan perluasan jaringan untuk keberlanjutan usahanya,” lanjut Norasari. 

Penghargaan ini merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan Serundeng Tradisional 3 Dare, atas kerja keras dan dedikasi dalam mengembangkan usaha kecil menengah di Kabupaten Kubu Raya.

"Meraih peringkat 2 UMKM Berprestasi se-Kabupaten Kubu Raya merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa bagi kami,” seru Owner UMKM Serundeng Tradisional 3 Dare, Siska Hardini. 

Pihaknya berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya atas dukungannya untuk terus mengembangkan diri, menciptakan lapangan pekerjaan dan meningatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Terima kasih juga kepada PLN yang memiliki peranan penting dan memberikan support terbesar dalam mengembangkan dan membina UMKM kami melalui program TJSL PLN Peduli,” kata Siska. 

PLH General Manager PLN UIP KLB, Dicky Saputra memberikan apresiasinya kepada UMKM Surendeng 3 Dare. 

Iapun mengucapkan selamat kepada UMKM Serundeng Tradisional 3 Dare atas penghargaan yang telah diraih. Dirinya ikut berbangga, karena PLN juga menjadi bagian dari perkembangan UMKM Serundeng Tradisional 3 Dare. 

"Semoga UMKM Serundeng Tradisional 3 Dare dapat semakin maju dan jangkauan produknya bisa semakin luas lagi,” urainya. 

Serundeng 3 Dare merupakan salah satu UMKM yang tergabung dalam Komunitas UMKM Karya Kreativitas Cipta Khatulistiwa (K2CK) di Kabupaten Kubu Raya. 

Pada bulan Juli tahun 2023, Komunitas K2CK termasuk Serundeng 3 Dare mendapat bantuan dari PLN berupa pelatihan pemasaran dan bantuan alat penunjang produksi untuk setiap UMKM.

UMKM ini memberikan berbagai macam serundeng dan telah hadir di berbagai pameran lokal baik di Kubu Raya maupun Pontianak. 

UMKM ini menyediakan produk serundeng. Saat ini memiliki 2 varian yaitu original dan pedas manis. Untuk kedepannya, UMKM ini akan menambah 4 jenis varian seperti tuna, ebi, kacang, dan daun jeruk. 

“Kedepan, Serundeng Tradisional 3 Dare berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanannya. Kami akan terus berinovasi dan mengembangkan produk-produk baru yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan para pelanggan,” papar Siska.  

Saat ini, Serundeng 3 Dare bisa diperoleh di Mitra Anda, Garuda Mitra, Ligo Mitra, Pontibonti, 7 outlet Freshmart, Swalayan Manis, Swalayan Rasa Manis, Swalayan Sangat Manis, Dapur Kita, Pusat Oleh-Oleh Bingke Kamboja, Dapur Kue, Toko Buah Jaya, Toko Amin, Aloka Cake, Toko Centrum, Toko Manis Madu, Harum Manis, Citra Niaga, Mitra Kue, Sahabat Kue, Berkah Jaya Snack, Ummu Roid Snack, dan warung-warung sekitar Pontianak dan Kubu Raya. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

wwwq

Berita Populer

Seputar Kalbar