Tanamkan Jiwa Pancasila, Pj Gubernur Kalbar Harisson: Gerakan Pramuka merupakan Wadah Pendidikan

18 Agustus 2024 20:57 WIB
Pj Gubernur Kalbar Harisson, selaku pembina upacara memimpin Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke-63, yang berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Minggu pagi (18/8/2024).

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pj Gubernur Kalbar Harisson yang merupakan Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida), menyebutkan bahwa salah satu potensi generasi muda adalah Gerakan Pramuka. 

Sebagai organisasi, Gerakan Pramuka adalah wadah pendidikan kepanduan yang memiliki anggota terbesar di dunia. Yang mana gerakan pramuka telah eksis sejak dulu hingga sekarang, dan memiliki segmen peserta didik dari anak-anak, remaja, dan orang dewasa. 

"Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan dengan pola gerakan pembentukan karakter untuk kemajuan dan kemandirian generasi muda Indonesia, agar mampu menyesuaikan diri dengan dinamika pembangunan bangsa dan negara menuju bangsa dan negara yang maju, adil, dan Sejahtera," ungkap
Pj Gubernur Kalbar Harisson, selaku pembina upacara memimpin Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke-63, yang berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Minggu pagi (18/8/2024).

Kegiatan ini merupakan rangkaian Peringatan Hari Pramuka Nasional ke 63 sekaligus dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 79 tahun, dengan mengusung tema "Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan  Barat, saya sangat mengapresiasi terselenggaranya acara ini. Peringatan ini bukan hanya sekadar seremoni, tetapi juga momentum untuk kita merenungkan dan memperkuat kembali komitmen kita sebagai anggota Gerakan Pramuka," ucap Pj Gubernur Harisson.

Lebih lanjut, Harisson mengatakan, Kepramukaan sebagai sebuah gerakan pemberdayaan kaum muda, harus mampu menciptakan dampak positif pada kehidupan kaum muda, dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Dalam era perkembangan teknologi yang pesat, anak anak muda (generasi milenial dan gen Z) pramuka, semakin mahir menguasai teknologi. Hal ini menjadi tantangan dan peluang untuk mengintegrasikan kemajuan teknologi ke dalam kegiatan pramuka, meningkatkan efisiensi dan memperkaya pembelajaran mereka. 

“Terpenting lagi gerakan pramuka ke depannya diharapkan bisa menjadi perintis. Untuk itulah, penguatan peran seluruh komponen pramuka, termasuk pengurus, orang tua, sukarelawan, dan anggota pramuka itu sendiri, menjadi gagasan besar yang segera harus direalisasikan," terangnya.

Sebagai representasi sumber daya manusia, pramuka itu sendirilah yang sejatinya menjadi jantung dari kepramukaan, dan memiliki peran penting dalam mewujudkan visi untuk menciptakan generasi yang unggul.

Dengan demikian, anggota pramuka harus menjadi peserta aktif dalam berbagai program kepramukaan, mengambil peran kepemimpinan, dan belajar bekerja sama dalam tim.  Harapannya, bagi generasi muda agar  belajar dan mengembangkan keterampilan hidup yang penting seperti komunikasi, pemecahan masalah, kepemimpinan, dan pengambilan keputusan. 
Oleh karenanya dibutuhkan kerja sama, sesuai dengan bidang urusan kita masing-masing, untuk memastikan bahwa pramuka terus menjadi organisasi yang relevan dengan zamannya.

"Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia", merupakan tema  peringatan Hari Pramuka Tahun 2024. Tema ini mengandung pesan yang sangat mendalam dan menekankan pentingnya anggota Pramuka untuk menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dan berperan aktif dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Sebagai anggota Pramuka, pihaknya mengajak untuk tidak hanya memahami nilai-nilai Pancasila, tetapi juga menghidupkannya dalam setiap tindakan sehari-hari. 

"Pancasila adalah dasar negara kita, dan sebagai Pramuka, kita bertanggung jawab untuk menjaga dan mempertahankan nilai-nilai luhur ini dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Di tengah tantangan global yang semakin kompleks, peran Pramuka sebagai penjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi semakin vital. Kita harus selalu siap sedia, tangguh, dan berdedikasi untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," tutur Harisson.

Pj Gubernur Kalbar Harisson juga mengajak semua pihak untuk terus berkomitmen pada Tri Satya dan Dasa Darma. 

"Jadikanlah prinsip-prinsip tersebut sebagai panduan dalam setiap langkah kita. Dengan berpegang teguh pada jiwa Pancasila, saya yakin Gerakan Pramuka akan terus menjadi kekuatan positif yang berkontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara," urainya.

Harisson berpesan, menjelang pelaksanaan tahapan Pilkada serentak Tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada bulan November 2024 nanti, mari kita tingkatkan semangat kebersamaan dan kerukunan dalam keberagaman demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa serta stabilitas keamanan yang semakin kondusif.

Apel Besar Peringatan Hari Pramuka dirangkaikan dengan penganugerahan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka Lencana Melati, Darma Bakti, Karya Bakti dan Pancawarsa 2024. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar