Kecamatan Sadaniang Gelar Perlombaan Permainan Tradisional

25 Agustus 2024 15:22 WIB
Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Kecamatan Sadaniang merayakannya dengan mengadakan beragam kegiatan dan perlombaan permainan tradisional.

MEMPAWAH, insidepontianak.com - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Kecamatan Sadaniang merayakannya dengan mengadakan beragam kegiatan dan perlombaan permainan tradisional.

Perayaan HUT RI ini dipusatkan di Halaman Kantor Camat Sadaniang, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat dan digelar mulai tanggal 16 - 24 Agustus 2024.

Berbagai macam kegiatan diadakan mulai dari senam bersama, jalan sehat, lomba nyanyi lagu daerah, tarian adat, dan beberapa perlomba permain tradisional seperti; lomba sumpit, dan katapel.

Semarak kemeriahan perlombaan diikuti seluruh masyarakat desa yang ada di Kecmatan Sadaniang. 

Tampak para suporter dari masing-masing peserta bersemangat mendukung perwakilan yang mengikuti lomba. Beberapa hadiah menarik telah disiapkan oleh panitia perlombaan agar menambah semangat para peserta lomba.

Ketua Panitia HUT RI Ke-79 Kecamatan Sadaniang, Ferdinand Ferdus mengatakan deretan acara Agustusan ini bertujuan sebagai ajang silahturahmi antar sesama masyarakat sadaniang. 

Selain itu juga untuk mempersiapkan kedepannya tahun 2025 rencana naik dango itu ada di Kecamatan Sadaniang.

"Kita mengadakan pertandingan permainan tradisional salah satunya yang itu adalah Sumpit, dan mantes atau ketapel dalam bahasa biasanya disebut, serta karaoke tapi bernuansakan lagu-lagu daerah," kata Ferdinand Ferdus disela sela kegiatan.

Pemilik sapaan Dudus ini berharap, semoga bibit-bibit permainan tradisional yang ada di Kecamatan Sadaniang bisa lebih meningkat.

"Mudah-mudahan di kedepannya nanti. Kita juga punya harapan kedepan itu jangan sampai musnahlah pertandingan permainan tradisional ini kita lanjutkan, jangan sampai hilang," ucap Ketua Panitia HUT RI Ke-79 Kecamatan Sadaniang mengakhiri.

Di malam ramah tamah yang dihadiri seluruh Kepala Desa yang ada di Kecamatan Sadaniang beserta Tamu Undangan dan masyarakat berbagai macam elemen.

Camat Sadaniang, Yusra beserta Forkopimcam menyerahkan piala serta hadiah untuk para juara peserta lomba dan piagam kepada anggota Paskibra Kecamatan Sadaniang yang telah bertugas. 

Acara ditutup dengan hiburan orgen tunggal. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar